Pemudik Mengantre untuk ke Toilet di <i>Rest Area</i> saat Arus Mudik Lebaran 2022, BPJT Sediakan 2.800 Toilet Tambahan
Ilustrasi rest area jalan tol. (Foto via Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Kepadatan kendaraan di jalan tol berbanding lurus dengan peningkatan penggunaan toilet di rest area. Bahkan, dilaporkan telah terjadi antrean pemudik yang hendak menggunakan toilet.

Untuk mengurangi panjangnya antrean pengguna toilet di rest area, Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) menyediakan 2.800 toilet tambahan di seluruh ruas jalan tol di berbagai wilayah.

"Secara keseluruhan terdapat 1.700 toilet di seluruh rest area, ada tambahan lebih banyak dibanding toilet permanen yang tersedia," kata Kepala BPJT, Danang Parikesit, saat mengecek gerbang Tol Kalikangkung Semarang, seperti dilansir Antara, Sabtu 30 April.

"Panjang antrean di toilet jangan sampai lebih dari 10 menit. Semua diharapkan bisa terakomodasi," lanjutnya.

Menurutnya, berdasarkan hasil pantauan melalui udara diketahui arus kendaraan yang melintas dari barat ke timur melalui jalan rol relatif lancar.

"Secara umum kondisi lancar, cara bertindak dengan one way terbukti berhasil," katanya.

Kepala BPJT mengatakan, ada catatan dari pelaksanaan arus mudik Lebaran 2022 di ruas tol, yakni adanya pengendara yang berhenti di bahu jalan akibat mogok atau pun sengaja berhenti sehingga menyebabkan pelambatan arus.

Danang menambahkah, petugas akan langsung mendatangi pengendara yang berhenti. Kemudian, kendaraan tersebut akan disarankan agar menuju ke rest area terdekat.

"Untuk yang mogok juga akan langsung dibantu untuk dibawa ke rest area terdekat," katanya.