BPJT Beberkan Kesiapan Jalan Tol Jelang Arus Mudik Lebaran 2023
Sekretaris BPJT Kementerian PUPR Triono Junoasmono (ketiga bawah). Foto: Tangkapan Layar/YouTube Kemenko PMK

Bagikan:

JAKARTA - Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR siap mendukung kelancaran dan kenyamanan arus lalu lintas mudik Lebaran 2023. Salah satunya, dengan menyiapkan lebih dari 100 rest area di seluruh ruas jalan tol sepanjang 2.624 Km.

Adapun jalan tol sepanjang 2.624 Km tersebut merupakan ruas tol yang akan dioperasikan pada saat arus mudik Lebaran nanti.

"Kami dari Kementerian PUPR mendukung kelancaran dan kenyamanan arus lalu lintas mudik lebaran tahun 2023 ini dengan menyiapkan sebanyak 127 rest area dan juga adanya tambahan tiga rest area yang baru atau fungsional," kata Sekretaris BPJT Kementerian PUPR Triono Junoasmono dalam Konferensi Pers terkait Kesiapan Sarana dan Prasarana Jalan Toll menghadapi Idulfitri 1444 H/2023 bersama Kemenko PMK secara daring, Kamis, 13 April.

Triono menyebut, ada pula satu tambahan holding area di KM 81A dan B yang nantinya akan difungsionalkan pada saat mudik Lebaran 2023.

Untuk mendukung kelancaran arus mudik Lebaran 2023, Triono juga memastikan pihaknya akan mengoperasikan 11 ruas jalan tol, yang tersebar di Pulau Jawa dan Sumatra.

"Kami juga akan mengfungsionalkan 11 ruas jalan tol, yang mana tujuh berada di pulau Jawa dan empat di Pulau Sumatra sepanjang total 222 Km," ujarnya.

Adapun dukungan lain yang telah diberikan Kementerian PUPR, kata dia, yakni menyiapkan SPKLU bagi pemudik yang menggunakan kendaraan listrik di 14 titik rest area.

Tak hanya itu, lanjut Triono, khusus untuk Jakarta ke arah Merak, Kementerian PUPR telah bekerja sama dengan ASDP untuk menyiapkan fasilitas pembelian tiket kapal Fery bagi pemudik yang akan melakukan penyebrangan di Pelabuhan Merak.

"Di rest area KM 43 dan KM 68, kami bekerja sama dengan ASDP menyiapkan untuk pembelian tiket kapal feri di Pelabuhan Merak, sehingga masyarakat dapat membeli tiket di kedua rest area tersebut," pungkasnya.