Kementerian PUPR Siapkan 14 SPKLU di <i>Rest Area</i> Tol, Catat Lokasinya!
Ilustrasi SPKLU. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama seluruh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) menyediakan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di 14 titik rest area jalan tol.

Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi semakin banyaknya masyarakat yang menggunakan kendaraan listrik saat mudik Lebaran 2023.

Juru Bicara Kementerian PUPR Endra S Atmawidjaja mengatakan, pada mudik Lebaran  2023 ini, para BUJT bersama mitra terkait telah menyiapkan SPKLU di 14 titik rest area jalan tol.

"Charging point atau SPKLU ini merupakan bagian dari upaya Kementerian PUPR untuk mendorong terbentuknya ekosistem mobil hemat energi dan ramah lingkungan yang lebih baik," ujar Endra lewat keterangan tertulisnya, Rabu, 12 April.

Endra menyebut, saat ini SPKLU yang tersedia berjumlah 14 unit dan tersebar di sejumlah ruas tol, seperti ruas tol Jakarta-Merak di rest area KM 13A, ruas tol Trans Jawa (Jakarta-Cikampek-Semarang-Solo-Surabaya hingga Probolinggo) yang terletak di rest area KM 6B, KM 208B, KM 389B, KM 456B, KM 519B, KM 616B, KM 207A, KM 379A, KM 519A, KM 626A, dan rest area KM 695A.

Sedangkan dua titik SPLKU lainnya berada di ruas tol Jakarta-Bogor-Ciawi (Jagorawi) pada rest area KM 10A arah Bogor dan rest area KM 21B arah Jakarta.

"Tentunya, SPKLU sudah tersedia juga di kota-kota besar di Pulau Jawa yang menjadi destinasi para pemudik. Dengan demikian, diharapkan para pemudik dapat merasa lebih aman, nyaman, dan tenang berkendara mobil listrik," ujar Endra.

Menurut Endra, penyediaan SPKLU ini dilakukan mengingat jumlah mobil listrik yang meningkat cukup signifikan di Indonesia. Berdasarkan laporan dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan mobil listrik di Indonesia sebanyak 15.437 unit sepanjang 2022.

"Jumlahnya melesat 383,46 persen dibandingkan setahun sebelumnya yang hanya sebesar 3.193 unit," imbuhnya.

Sekadar informasi, Kementerian PUPR pada mudik Lebaran tahun ini telah menyiapkan jalan tol sepanjang 2.624 km dengan 70 ruas jalan tol yang dikelola oleh 49 Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yang tersebar di Pulau Jawa, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, dan Bali.

Selain itu, Kementerian PUPR juga telah menyiapkan 127 rest area untuk arus mudik Lebaran 2023.