Posko Vaksinasi Mudik Tanjung Priok juga Layani Masyarakat Sekitar
Vaksinasi di Tanjung Priok/Foto: Antara

Bagikan:

JAKARTA - Posko vaksinasi mudik Pelabuhan Tanjung Priok juga melayani vaksinasi untuk masyarakat sekitar, khususnya bagi mereka yang belum mendapatkan vaksin penguat (booster) pada layanan kesehatan sebelumnya dengan alasan tertentu, bisa terlayani di posko itu.

"Jadi, kami tidak membatasi jika ada masyarakat yang membutuhkan untuk divaksin, bisa langsung mendatangi posko vaksin ini," kata petugas vaksinasi Kopral Washil di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Kamis.

Untuk masyarakat dan pemudik yang divaksin, kata Washil, pada Kamis 28 April 2022 ini atau H-4 Idul Fitri, tidak terlalu banyak.

"Sejak jam 13.00 WIB tadi, baru dua yang divaksin, mereka pemudik yang belum mendapatkan vaksin, akhirnya kami berikan vaksin booster dan satunya vaksin kedua, Alhamdulillah kondisinya sehat keduanya," ucap dia.

Dengan ketentuan mudik yang mengharuskan para pemudik mendapatkan vaksinasi penguat (booster) sebelum melaksanakan mudik, Washil menjelaskan bahwa berbagai pihak bekerjasama untuk melakukan pengawasan kepatuhan terhadap ketentuan itu.

"Jadi, semua pihak terlibat, dari depan itu disosialisasikan mengenai ketentuannya, kemudian dicek pada aplikasi PeduliLindungi, kalau belum vaksin ketiga atau belum dapat vaksin, nanti pemudik diarahkan ke sini," katanya.

Sejak pukul 11.00 WIB, Pelabuhan Tanjung Priok sepi dari pemudik atau penumpang biasa karena pada 28 April 2022 tidak ada pemberangkatan kapal Pelni dari Tanjung Priok.

Kegiatan pun hanya terlihat di Posko Angkutan Lebaran 2022, posko mudik gratis dan posko vaksinasi COVID-19 di Pelabuhan Tanjung Priok oleh aktivitas para petugasnya.