Puncak Arus Mudik Lebaran 2022 Sudah Terlewati, Keamanan di Pelabuhan Tanjung Priok Kondusif
Pelabuhan Penumpang Tanjung Priok, Jakarta, (Antara-Dewa K)

Bagikan:

JAKARTA - Kondisi arus mudik Lebaran 2022 di Terminal Tanjung Priok hingga Sabtu, 30 April, terpantau aman. Belum ditemukan gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) selama arus mudik.

Hal ini disampaikan Kepala Pos Koordinasi Angkutan Laut Lebaran Pelabuhan Tanjung Priok Ajun Komisaris Polisi (AKP), Weni Sianipar.

"Mulai dua pekan lalu sejak posko pengamanan lebaran Pelabuhan Tanjung Priok didirikan hingga saat ini tidak ada kejadian yang menonjol," kata Weni seperti dikutip Antara.

Dia mengatakan tidak adanya kejahatan di terminal penumpang Pelabuhan Tanjung Priok itu karena Polri telah menyiagakan sejumlah personil.

Selain itu menurut dia, pihak kepolisian juga dibantu berbagai pihak termasuk unsur masyarakat untuk menjaga kondisi keamanan tetap kondusif.

“Kami bekerja sama dengan berbagai pihak untuk melakukan pengamanan di Pelabuhan Tanjung Priok ini,” ujarnya.

Weni mencontohkan posko lebaran Pelabuhan Tanjung Priok mendapatkan penambahan jumlah personil pengamanan. Penambahan itu di antaranya satu pleton personil Brimob, Samapta Polda Metro Jaya sebanyak 16 personil, dan Polair 6 orang, serta ditambah dengan unsur lain.

Dia mengatakan, meskipun Pelabuhan Tanjung Priok telah melewati puncak arus mudik, namun personil keamanan tetap siaga hingga arus balik.

"Persiapan keamanan sudah lama dilakukan karena pengamanan lebaran dilakukan hingga 9 Mei. Kami juga siap melakukan pengaman di arus balik," ujarnya.

Berdasarkan data Humas Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok menyebutkan sejak tanggal 17 April (H-15) sampai 30 April (H-2) sudah ada 26 kapal yang datang dan berangkat dari pelabuhan Tanjung Priok.

Dalam periode tersebut, ada 7.457 penumpang yang naik, dan 7.262 orang yang turun.