Jumlah Wisatawan Masuk Bali Meningkat, Kapolri Minta Prokes Diperketat
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo /FOTO: Humas Polri

Bagikan:

JAKARTA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meminta memperketat penerapan protokol kesehatan (prokes) di Bali. Sebab, berdasarkan data, adanya peningkatan jumlah wisatawan yang datang libur Lebaran 2022.

"Kita semua harus mempersiapkan dari mulai prokesnya kemudian bagaimana masyarakat melaksanakan wisata di Bali bisa aman dan pasca wisata kita menjaga COVID-19 tetap terkendali," ujar Sigit saat meninjau pelaksanaan mudik di Pelabuhan Gilimanuk, Bali, Kamis, 28 April.

Merujuk laporan yang diterima terjadi peningkatan hunian akomodasi sebesar 53 persen. Peningkatan ini diprediksi akan terus bertambah setiap harinya hingga mendekati Idul Fitri.

Karena alasan itu, Sigit meminta penerapan prokes diperketat. Termasuk di Pelabuhan Gilimanuk yang telah menyediakan 46 kapal

"Kita harapkan proses masuk kapal kemudian perjalanan hingga turun memang sesuai dengan SOP yang disampaikan sehingga semua berjalan baik," ungkapnya.

Selain itu, Kapolri mengapresiasi jajaran stakeholder di Bali dalam percepatan vaksinasi khususnya booster. Sebab, dari laporan, angka vaksinasi booster di Bali sudah lebih dari 50 persen.

"Ini modal menghadapi event internasional setelah lonjakan wisata di Bali dan mudah-mudahan laju COVID-19 bisa dikendalikan. Terus berikan pelayanan terbaik ke masyarakat khususnya yang mudik dan wisata di Bali. Hal ini agar semuanya aman, lancar dan sehat," ujar Sigit.