Puji Dukungan Indonesia, Presiden Zelensky Terima Kasih Diundang Presiden Jokowi Hadiri KTT G20
Presiden Volodymyr Zelensky. (Wikimedia Commons/President Of Ukraine)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky memuji Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) terkait dengan dukungan terhadap Ukraina, serta menyebut undangan menghadiri KTT G20 di Bali pada Oktober mendatang.

Itu dituliskan Presiden Zelensky dalam unggahannya di akun Twitternya, Rabu 27 April.

"Telah berbicara dengan Presiden @Jokowi. Terima kasih atas dukungan kedaulatan dan integritas teritorial, khususnya untuk posisi yang jelas di PBB. Isu ketahanan pangan dibahas. Terima kasuh telah mengundang saya ke KTT G20," tulis Presiden Zelensky.

Sebelumnya, Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengatakan Ukraina harus diizinkan hadir dalam KTT G20 di Bali, jika Indonesia selaku Presidensi G20 dan negara lainnya tidak menyetujui penghapusan Rusia.

Sementara, Indonesia akan tetap mengundang Rusia untuk hadir dalam KTT G20 yang akan dihelat pada akhir Oktober nanti, di tengah derasnya kritik atas invasi ke Ukraina.

"Sebagai presidensi dan sesuai presidensi sebelumnya, Indonesia mengundang semua anggota," ujar Staf Khusus untuk Penguatan Program-program Prioritas Kementerian Luar Negeri, sekaligus Co-Sherpa G20 Dian Triansyah Djani dalam keterangan pers virtual Kamis 24 Maret lalu.