Bagikan:

PAPUA - Panitia Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Papua mengingatkan agar masyarakat yang menjalankan ibadah selama bulan Ramadan tetap menjalankan protokol kesehatan (prokes) ketat.

Ketua Panitia PHBI Papua Alwi Tianlean mengatakan, imbauan itu termasuk kepada umat muslim yang menjalankan Salat Idulfitri 1443 H di masjid dan lokasi lain. Utamanya memakai masker sebagi tindakan pencegahan penyebaran COVID-19.

"Untuk tahun ini kami tidak membuka pelaksanaan Shalat Idul Fitri 1443 H secara berjamaah di lapangan," katanya di Jayapura, dikutip dari Antara, Rabu 27 April.

Menurut Alwi, biasanya setiap tahun pihaknya melaksanakan Salat Idulfitri secara bersama-sama. "Namun tahun ini kami tidak melaksanakan," ujarnya.

Dia menjelaskan hal ini karena ada pembangunan kantor gubernur sehingga Salat Idulfitri tahun ini di di masjid- masjid sekitar rumah. "Sejak pandemi kami tidak membuka pelaksanaan shalat bersama," ujarnya.

Dia menambahkan, dengan kondisi sekarang hampir semua mesjid dipastikan bisa melaksanakan Salat Idulfitri. "Dengan pelaksanaan di masjid bisa mengurangi kerumunan dalam jumlah yang besar," tandasnya.