Wapres Ma'ruf Amin Pesan ke Pemudik Vaksin Booster Agar Tak Bawa Virus ke Kampung
Wapres Ma'ruf Amin/FOTO ANTARA HO BPMI SETWAPRES

Bagikan:

JAKARTA - Wakil Presiden Ma'ruf Amin berencana menunaikan Salat Idulfitri 1443 Hijriah bersama keluarga di Jakarta.

"Saya mungkin di Jakarta. Biasanya kalau belum normal betul (kondisi pandemi), (salat) di kediaman. Kita lihat nanti," kata Ma’ruf di sela-sela kunjungan kerjanya di Yogyakarta dilansir Antara, Jumat, 22 April.

Wapres mengatakan pemerintah telah mengizinkan ibadah salat Idulfitri 1443 Hijriah dapat dilaksanakan secara berjemaah. Namun tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat, terutama memakai masker.

Salat tarawih juga sudah diperkenankan dilakukan sejak awal Ramadan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

"Kalau (jaga) jarak mungkin sekarang sudah mulai dilonggarkan, tapi protokol kesehatan, (pakai) maskernya ini terutama," katanya.

Selain memperkenankan ibadah bulan Ramadan dan Idulfitri, pemerintah juga membolehkan masyarakat melakukan perjalanan mudik pada Lebaran 2022 dengan memenuhi persyaratan vaksinasi dan menerapkan protokol kesehatan.

Wapres menekankan pemerintah sudah meminta para pemudik mendapatkan vaksin pOVID-19 dosis penguat atau booster sebelum melakukan perjalanan mudik guna mengantisipasi transmisi virus dari kota ke desa maupun sebaliknya.

"Karena di tempat mereka menuju mudik, ada orang tua, ada orang sakit, anak-anak. Jangan sampai membawa virus ke kampung. Sebaliknya jangan bawa virus dari kampung (saat) kembali ke kota. Ini (mungkin) akan terjadi transmisi, harus dijaga," ujar Ma’ruf Amin.

Wapres juga meminta pemerintah daerah menjaga agar tidak terjadi peningkatan kasus serta mengingatkan di beberapa negara sudah mulai terjadi peningkatan kasus seperti Inggris dan China.

"Kita tidak ingin dengan ada Lebaran, mudik, menjadi sebab terjadinya peningkatan (kasus)," ujarnya.