Total Ada 12 Orang Terjaring KPK dalam OTT Bupati Bogor Ade Yasin
DOK VOI

Bagikan:

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyebut ada 12 orang yang terjaring operasi tangkap tangan (OTT) di Jawa Barat. Salah satu yang ikut dibawa ke gedung Merah Putih KPK, Kuningan Persada, Jakarta, yakni Bupati Bogor Ade Yasin.

"Sampai dengan saat ini KPK mengamankan 12 orang di antaranya Bupati Bogor, beberapa orang pejabat dan ASN Pemkab Bogor, serta beberapa pihak dari BPK Perwakilan Jawa Barat," kata Plt Juru Bicara KPK Bidang Penindakan Ali Fikri dalam keterangan tertulisnya, Rabu, 27 April.

Meski permintaan keterangan terhadap belasan orang tersebut masih dilakukan, KPK menyebut tangkap tangan ini berkaitan dengan suap pengurusan temuan laporan keuangan Pemerintah Kabupaten Bogor.

Namun, Ali belum memaparkan konstruksi perkaranya. Sebab, penyidik masih melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

"Saat ini seluruh pihak masih dilakukan pemeriksaan dan klarifikasi secara maraton di gedung Merah Putih KPK," tegasnya.

Ali mengatakan sejumlah uang juga ditemukan dalam operasi senyap tersebut. Jumlahnya masih dihitung tapi uang tersebut berupa pecahan rupiah.

"Dalam kegiatan tangkap tangan dimaksud juga ditemukan uang dalam pecahan rupiah yang jumlahnya hingga kini masih dihitung dan dikonfirmasi kembali kepada pihak2 yang ditangkap," ungkap Ali.

"Perkembangan akan kembali disampaikan," imbuhnya.

Diberitakan sebelumnya, Bupati Bogor Ade Yasin terjaring OTT KPK yang digelar pada Selasa malam, 26 April hingga Rabu pagi, 27 April.

Komisi antirasuah kini punya waktu 1x24 jam untuk menentukan siapa saja pihak yang jadi tersangka dalam kasus ini dan konstruksi perkaranya. Pengumuman akan disampaikan melalui konferensi pers.