Kapolri Cek Arus Mudik di Tol Kalikangkung
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (kanan depan) bersama Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi saat meninjau langsung para pemudik di GT Kalikangkung di Semarang,/ ANTARA/Hreeloita Dharma Shanti

Bagikan:

SEMARANG - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyusuri Gerbang Tol (GT) Kalikangkung, Jawa Tengah untuk memantau langsung para pemudik yang masuk ke arah Kota Semarang.

“Kami meninjau langsung persiapan Polda atau Provinsi Jawa Tengah, untuk memastikan bahwa persiapan terhadap pelayanan masyarakat yang akan melaksanakan mudik, khususnya yang melintas di Jawa Tengah, mengarah ke Jawa Timur atau masuk ke wilayah Jawa Tengah semuanya berjalan dengan baik,” kata Sigit dikutip Antara, Rabu, 27 April.

Dalam pantauan ANTARA, Kapolri bersama Kapolda Jawa Tengah Irjen Ahmad Luthfi terjun langsung ke dekat gerbang tol untuk memastikan pemudik mematuhi protokol kesehatan sekaligus menanyakan tujuan dari tiap kendaraan yang dihentikan.

Saat meninjau gerbang tol dari dekat, Sigit juga menanyakan tujuan pemudik dan kesiapan apa yang telah dibawa agar perjalanan dapat tetap aman dan nyaman. Beliau bahkan mendoakan pemudik agar selamat sampai ke tujuan.

Dalam kegiatan tersebut, Sigit juga menyampaikan bila hasil pantauan dari command center yang dimiliki pihaknya secara real time menunjukkan bahwa wilayah Losari, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah mulai dipadati oleh pemudik.

Dalam kegiatan mudik, kata Sigit, Polri akan selalu berupaya untuk mengurai kepadatan di berbagai ruas jalan. Namun, salah satu yang juga menjadi prioritas adalah keselamatan para pengemudi.

Guna menjaga kondisi pemudik tetap dalam kondisi prima, Sigit menyatakan, pihaknya sudah mempersiapkan rest area yang kondusif untuk para pengemudi beristirahat di kala mengalami kelelahan.

Terdapat sejumlah pos pelayanan yang juga disiapkan secara terpadu agar masyarakat bisa beristirahat dengan nyaman. Seperti pos layanan SIM keliling, takjil bagi yang berpuasa, tenda vaksinasi booster dan lain sebagainya.

Sigit mengimbau agar semua masyarakat tetap berhati-hati selama melakukan perjalanan dan tetap mengikuti informasi secara aktual agar tidak terjadi penumpukan di jalan.

“Informasi masalah mudik betul-betul harus disiapkan. Sehingga masyarakat yang mudik, bisa mendapatkan informasi dari kepolisian. Saya minta kerja sama dengan TV dan radio terkait,” ujar Sigit.