Arus Mudik 2022: Lalu Lintas Tol Jakarta-Cikampek Lancar Malam Ini
ILUSTRASI ANTARA

Bagikan:

JAKARTA - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menyampaikan arus lalu lintas Tol Jakarta-Cikampek terpantau lancar pada Selasa malam atau H-6 jelang Lebaran 1443 Hijriah yang jatuh 2 Mei.

"Dilaporkan pada pukul 21.10 WIB malam ini dari KM4 arah Cikampek arus lalu lintas masih cukup lancar dari pantauan," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo dalam keterangannya dilansir Antara, Selasa, 26 April.

Sambodo mengungkapkan arus lalu lintas di Tol Dalam Kota ruas Semanggi-Cawang sempat terpantau padat, meski demikian arus lalu lintas kembali lancar saat memasuki ruas Tol Jagorawi.

"Tadi sempat terjadi hambatan dari Semanggi sampai Cawang dan sudah terbelah mengarah ke Jagorawi," ujarnya.

Sebelumnya PT Jasa Marga selaku pengelola jalan tol mencatat sebanyak 598.538 kendaraan meninggalkan wilayah Jabotabek pada H-10 s.d H-7 Hari Raya Idul Fitri 1443 H/2022 yang jatuh pada periode Jumat-Senin 22-25 April 2022.

Angka tersebut merupakan angka kumulatif arus lalu lintas (lalin) dari empat Gerbang Tol (GT) Barrier/Utama, yaitu GT Cikupa (arah Merak), GT Ciawi (arah Puncak), dan GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama (arah Trans Jawa dan Bandung).

Total volume lalin yang meninggalkan wilayah Jabotabek ini turun 0,3 persen jika dibandingkan lalin normal periode November 2021 dengan total 600.107 kendaraan.

Untuk distribusi lalu lintas meninggalkan Jabotabek menuju ke tiga arah yaitu mayoritas sebanyak 282.848 kendaraan (47,3%) menuju arah Timur (Trans Jawa dan Bandung), 187.495 kendaraan (31,3%) menuju menuju arah Barat (Merak), dan 128.195 kendaraan (21,4%) menuju arah Selatan (Puncak).

Jasa Marga mengimbau kepada pengguna jalan tol dapat mengantisipasi perjalanan sebelum memasuki jalan tol.

Pastikan kendaraan maupun pengendara dalam keadaan prima, mematuhi protokol kesehatan (menggunakan masker, cuci tangan dan menjaga jarak) saat berada di rest area, isi BBM dan saldo uang elektronik yang cukup, serta mematuhi rambu-rambu dan arahan petugas.