Jasa Marga Mulai Uji Coba Ganjil Genap di Beberapa Ruas Tol, Catat Daftar dan Jadwalnya!
Ilustrasi. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - PT Jasa Marga (Persero) Tbk siap mendukung uji coba penerapan rekayasa lalu lintas ganjil-genap di jalan tol yang merupakan diskresi Kepolisian pada mudik Lebaran tahun ini.

"Jasa Marga akan mendukung penerapan rekayasa lalu lintas di jalan tol yang merupakan diskresi Kepolisian, sebagai bentuk kolaborasi bersama Korlantas Polri, Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR demi keamanan dan kelancaran masyarakat yang akan melaksanakan mudik," ujar Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru dalam keterangan tertulis dikutip Antara, Minggu 24 April.

Heru menjelaskan bahwa jadwal dan lokasi pelaksanaan uji coba yang telah ditentukan oleh Kepolisian, yang dimulai di Jalan Tol Jakarta-Cikampek KM 47 (Karawang Barat) dengan detail yakni Senin, 25 April 2022 Pukul 11.00-13.00 WIB, dimulai dari Jalan Tol Jakarta-Cikampek KM 47 (Karawang Barat) hingga GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek KM 70.

Kemudian Selasa, 26 April 2022 Pukul 11.00-13.00 WIB, dimulai dari Jalan Tol Jakarta-Cikampek KM 47 (Karawang Barat) sampai dengan GT Palimanan Utama Jalan Tol Cipali KM 188.

Lalu pada Rabu 27 April 2022 Pukul 10.00-17.00 WIB, dimulai dari Jalan Tol Jakarta-Cikampek KM 47 (Karawang Barat) s.d GT Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang KM 414.

Sesuai dengan yang disampaikan oleh Kepolisian, Heru menambahkan, apabila terjadi kepadatan, maka akan dilakukan diskresi Kepolisian dengan rekayasa lalu lintas contraflow.

“Selain itu, jika kepadatan melebihi batas maksimal, maka akan dilakukan diskresi Kepolisian dengan rekayasa lalu lintas one way. Jasa Marga siap mendukung uji coba pelaksanaan rekayasa lalu lintas ini dengan menyiagakan petugas, perambuan dan menyampaikan informasi melalui Dynamic Mesaage Sign (DMS) untuk memastikan perjalanan pengguna jalan tetap aman,” kata Heru.

Kabag Ops Korlantas Polri, Kombes Eddy Djunaedi menjelaskan dalam menerapkan rekayasa lalu lintas ganjil genap ini, Korlantas menggandeng Kementerian Perhubungan, dan Kementerian PUPR.

Eddy mengatakan dengan adanya aturan ini, diharapkan dapat membantu kelancaran arus mudik Lebaran 2022.

"Kami akan melakukan uji coba mulai Senin hingga Rabu mendatang di Tol Cikampek. Sebagai upaya menjaga keamanan, keselamatan, kelancaran, dan kenyamanan masyarakat yang akan melaksanakan mudik," katanya.

Eddy juga mengimbau kepada masyarakat yang akan melakukan aktivitas mudik untuk tetap mematuhi aturan lalu lintas dan arahan petugas di lapangan. Selain itu, masyarakat juga diminta untuk selalu memantau informasi mengenai arus mudik.

"Kepada masyarakat yang hendak mudik, mohon betul-betul cek kesiapan fisik maupun kendaraan anda, juga mengupdate informasi mengenai mudik. Besar harapan kami mudik tahun ini dapat berjalan lancar dan optimal," ucapnya.