Arus Lalu Lintas Tol Jakarta-Cikampek Rabu 27 April Dini Hari Terpantau Lancar
Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo (tengah) berikan keterangan terkait situasi lalu lintas di Tol Jakarta-Cikampek, Rabu dini hari/Foto: Antara

Bagikan:

JAKARTA - Direktorat Lalu Lalu Lintas Polda Metro Jaya menyampaikan arus lalu lintas di Tol Jakarta-Cikampek terpantau lancar pada Rabu dini atau H-5 jelang Lebaran 1443 Hijriah yang jatuh pada 2-3 Mei 2022.

"Melaporkan dari pospam KM29, Rabu 27 April pukul 00.25 WIB, saat ini arus mudik, arus yang menuju Cikampek dalam keadaan lancar, kecepatan rata-rata 60-80 km per jam," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo di Pos Pengamanan KM29 Tol Jakarta-Cikampek, Rabu 27 April.

Sambodo juga mengungkapkan arus kendaraan didominasi oleh angkutan barang dan tidak banyak kendaraan angkutan umum maupun kendaraan pribadi yang melintasi Tol Jakarta-Cikampek pada Rabu dini hari.

"Arus kendaraan didominasi oleh angkutan barang, sedangkan untuk angkutan pribadi hanya satu dua, selebihnya didominasi oleh angkutan barang," ujarnya.

Tol Jakarta-Cikampek diprediksi akan mengalami kepadatan di hari puncak mudik yaitu di H-4 atau 28 April 2022.

Proses rekayasa lalu lintas yang dilaksanakan oleh jajaran Polri mulai dari ganjil genap, contraflow (lawan arah) hingga sistem satu arah (one way) juga akan dimulai pada H-4 Lebaran akan dilaksanakan mulai pukul 17.00 WIB sampai dengan 24.00 WIB mengarah ke timur.

Terkait hal itu Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo mengimbau masyarakat untuk menyesuaikan waktu mudik dengan jadwal ganjil genap yang akan diberlakukan secara situasional mulai 28 April mendatang.

“Kami mengimbau untuk masyarakat yang sudah memiliki kesempatan dan sudah libur bisa segera mudik lebih awal,” kata Sigit dalam keterangan tertulis yang diterima, di Jakarta, Selasa.

Selain mengimbau masyarakat mudik lebih cepat, Sigit juga mengimbau masyarakat yang melakukan mudik agar bisa melalui jalur alternatif selain tol. Seperti jalur Pantai Utara (Pantura) dan Jalur Pantai Selatan (Pansela) untuk menghindari kemacetan.