Kondisi Terkini di Kawasan Patung Kuda: Serakan Sisa Vandalisme, Api Masih Menyala di Tengah Jalan
Foto: Sadam/VOI

Bagikan:

JAKARTA - Sisa vandalisme seperti coretan hingga benda-benda sisa pembakaran masih tampak jelas di kawsan Patung Kuda, Sabang dan Kebon Sirih. Arus lalu lintas di dekat gedung Bank Indonesia sudah dibuka.

Pantauan VOI, motor sudah bisa melintas di gedung BI pada sekitar pukul 18.10 WIB, Kamis, 8 Oktober. Kondisi di jalan ini sepi. 

Di jalan terlihat jelas sisa guratan batu dan sampah setelah ricuh. Ada juga coretan di sejumlah titik yang menyuarakan perlawanan terkait UU Cipta Kerja. 

Polisi masih berjaga di sekitar kawasan Patung Kuda. Konsentrasi massa dalam jumlah banyak tidak terlihat. 

Foto: Sadam/VOI

Sementara api dari pembakaran benda di tengah jalan depan Kementerian ESDM, Jalan Medan Merdeka Selatan masih menyala. Jalan depan kantor ESDM ini masih tertutup. 

Kantor ESDM menjadi sasaran amuk massa. Pantauan VOI di lokasi, mobil ringsek dan kacanya dipecahkan. Kaca-kaca di sekeliling kantor ESDM juga dirusak massa tak dikenal.

Foto:Sadam VOI

Menurut satpam gedung Kementerian ESDM, ada 30 orang yang masuk dan melakukan perusakan. Saat itu, pegawai dan petugas keamanan mencari perlindungan ke belakang gedung.

“Beberapa tas yang berisi laptop dan jaket diambil, dua komputer di lobi gedung ESDM diambil, sisanya masih didata,” kata satpam Asnawi di lokasi, Kamis, 8 Oktober.

Caption

Lebih dari 9 mobil yang berada di halaman kantor ESDM dirusak. Kaca lobi gedung ESDM hancur pecah. 

“Pak Menteri dan pekerja aman. Pertama yang ngantor sangat terbatas dan sudah kita pulangkan jam 13.00. Sangat disayangkan,” kata Sekjen ESDM Ego Syahrial terpisah