Sidak ke Pasar, Pemkot Surakarta Temukan Produk Kedaluwarsa
Sidak pangan oleh Pemkot Surakarta di salah satu toko modern di Kota Solo, Kamis 21 April. (ANTARA/Aris Wasita)

Bagikan:

SURAKARTA - Pemerintah Kota Surakarta melakukan inspeksi mendadak atau sidak pangan ke sejumlah pasar tradisional dan toko modern. Hasilnya ditemukan sejumlah produk tanpa tanggal kedaluwarsa

Kepala Bidang Penyediaan Fasilitas Kesehatan dan Kefarmasian Dinas Kesehatan Kota (DKK) Surakarta Tenny Setyowati mengatakan, rata-rata makanan yang diperiksa pada sidak tersebut belum mencantumkan kedaluwarsa.

Terkait hal itu, pihaknya sudah menyampaikan kepada para pedagang agar disampaikan ke distributor.

"Itu (tanggal kedaluwarsa) yang utama untuk keamanan pangan. Rata-rata kemasannya sudah cukup bagus. (Yang dijual) seharusnya masih berlaku, sehingga punya kepastian bahan pangan aman," katanya di Solo, Kamis 21 April.

Terutama untuk masa persiapan Lebaran, dikatakannya, akan terjadi kenaikan konsumsi masyarakat, terutama rumah tangga yang ingin menyiapkan keperluan makanan terbaik. "Sehingga kami berupaya memberikan yang terbaik dengan keamanan pangan," ujarnya, melansir Antara. 

Sebagai tindak lanjut, dikatakannya, instansi terkait yang terlibat dalam sidak langsung menarik produk makanan yang tidak sesuai aturan.

"Tadi langsung ditindaklanjuti, yang kedaluwarsa langsung ditarik. Secara sampling kami membina semua perwakilan ritel tradisional dan modern, walaupun satu dua tetap kami pantau," katanya.

Sementara itu, beberapa instansi pemerintah yang terlibat dalam sidak pangan tersebut, di antaranya DKK Surakarta, Satpol PP Kota Surakarta, BPOM, bagian kesra, dan kepolisian.