Bagikan:

JAKARTA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meminta masyarakat tidak selalu memilih jalan tol saat mudi lebaran 2022. Masyarakat bisa memilih jalan alternatif guna memecah kepadatan dan kemacetan di jalan tol.

Pernyataan itu disampaikannya saat menghadiri kegiatan vaksinasi serentak di kantor Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Kamis, 21 April.

"Pemilihan jalur juga kita harapkan untuk bisa menjadi pilihan karena rata-rata memilih jalan tol. Sehingga tentunya di jalan tol bebannya menjadi berat," ujar Listyo Sigit.

Penumpukan kendaraan di ruas tol saat mudik lebaran sudah dapat dipastikan terjadi. Sebab, diperkirakan 85 juta orang akan pulang ke kampung halaman.

Angka perkiraan ini berdasarkan beberapa hal, satu di antaranya tingginya animo masyarakat. Sebab, setelah dua tahun pemerintah akhirnya memperbolehkan masyarakat untuk mudik lebaran.

Jenderal bintang empat ini pun menyampaikan jalur alternatif yang bisa dilalui para pemudik. Semisal, jalur selatan yang sudah selesai tahap pembangunannya dan jalur lain.

"Misalnya mungkin menggunakan jalur-jalur alternatif yang ada baik di pantura ataupun di jalur-jalur alternatif yang disiapkan di dalam kota," kata Listyo.

Tak hanya itu, Listyo juga bisa menggunakan moda transportasi kereta. Sebab, PT KAI pun sudah menyiapkan tempat duduk tambahan.

"Kemarin kita menengok KAI itu masih ada slot yang ditambahkan 20.000 per hari," kata Listyo.