Wisatawan di Kuta Keluhkan Bocah Pedagang Tisu yang Paksa Beli Barang Dagangan, Ada Tamu yang Dikejar hingga Dicubit Tangannya
ILUSTRASI/ PANTAI KUTA BADUNG BALI/ANTARA

Bagikan:

BADUNG - Bocah pedagang tisu keliling di kawasan Pantai Kuta, Badung, Bali bikin tak nyaman turis asing dan wisatawan lokal. Mereka kerap memaksa membeli tisu dan ada yang sampai meminta uang ke wistawan.

“Ada pengaduannya dari salah satu guide kemarin. Dia mengajak tamu ke jalan Pantai Kuta kebetulan tamunya itu disuruh beli tisu, tamunya itu tidak mau dan kemudian dia meminta uang tidak dikasih. Terus dikejar tamunya dan dicubit tangannya," kata Sekretaris Kecamatan Kuta, Made Agus Suantara, Rabu, 20 April.

Pedagang tisu yang bikin tak nyaman wisatawan kebanyakan anak-anak berusia 10-11 tahun

"Rata-rata anak-anak kecil. (Modusnya)  berdasarkan laporan dikejar terus tamunya dan terus dipaksa untuk membeli tisu," imbuhnya.

Pihaknya sempat membawa anak-anak yang berjualan tisu ke kantor kecamatan. Tapi kemudian muncul lagi anak-anak penjual tisu.

"Banyak waktu itu kita dapat menciduk dari Satpol PP kebetulan pas malam ada 10 orang anak-anak," ujar Suantara.

Agar kejadian tak terulang, pihak kecamatan mengerahkan anggota linmas dan Satpol PP. Bila ditemukan pedagang meresahkan, pihaknya akan melakukan pembinaan.

"Kita sudah koordinasi dengan Dinas Sosial dan mereka sudah siap menampung dan akan mengembalikan ke tempat asalnya dan membuat surat pernyataan, kita catat semuanya," sambung Suantara.