Kasus COVID-19 Terus Bertambah, Satgas COVID-19 Salahkan Masyarakat yang Abaikan Protokol Kesehatan
Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito

Bagikan:

JAKARTA - Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito menyebut penambahan kasus positif COVID-19 yang terus terjadi secara masif, disebabkan karena masyarakat tidak menaati protokol kesehatan. Dia menyebut, jumlah kasus akumulatif mencapai 300 ribu juga menjadi bukti jika penularan COVID-19 di Indonesia masih tinggi.

"Penting untuk dicatat bahwa kasus terkonfirmasi COVID-19 telah mencapai 300 ribu kasus. Angka ini adalah angka yang sangat besar dan juga memperlihatkan bahwa penularan masih terjadi. Penularan ini disebabkan oleh masih ada dari kita yang abai dalam mematuhi protokol kesehatan," kata Wiku dalam konferensi pers secara daring yang ditayangkan dalam akun YouTube Sekretariat Presiden, Selasa, 6 Oktober.

Menurutnya, penularan kasus COVID-19 hanya bisa menurun jika semua pihak tanpa terkecuali menerapkan disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan di setiap kegiatan yang dilakukan. 

"Ingat naik turunnya kasus positif COVID-19 itu ditentukan oleh kedisiplinan terhadap protokol kesehatan. Jika disiplin, maka angka kasus positif akan turun begitu juga sebaliknya," tegas dia.

Selain itu, dia mengingatkan semua pihak untuk selalu menerapkan kebiasaan baru di tengah pandemi COVID-19 seperti menggunakan masker setiap keluar rumah, menjaga jarak di tempat umum minimal satu meter, menghindari kerumunan serta selalu mencuci tangan dengan sabun dan membawa handsanitizer tiap pergi ke mana saja.

"Kolaborasi antar seluruh lapisan masyarakat penting untuk membantu menurunkan tingkat penularan. Sehingga angka kasus COVID-19 di Indonesia dapat ditekan dan tidak ada penambahan kasus baru lagi," ujarnya.

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) merilis tambahan kasus positif COVID-19 terbaru per hari ini. Sebanyak 36.342 spesimen diperiksa hari ini. Hasilnya, ada 4.056 kasus positif COVID-19 baru.

"Total akumulasi kasus positif sejak COVID-19 ditemukan di Indonesia mencapai 311.176 orang," demikian dikutip dari data Kemenkes, Selasa, 6 Oktober.

Kasus sembuh pada hari ini bertambah 3.844 sehingga totalnya ada 236.437 orang sembuh. Kemudian, kasus konfirmasi positif yang meninggal bertambah 121 orang dan totalnya 11.374 orang.