Paskah Bersamaan dengan Ramadan 2022 Berjalan Aman, Wabup Jayapura Bangga: Damai di Papua!
Pemuda muslim yang tergabung dalam Anak Seram Bersatu (ASB) menjaga misa Natal di Gereja Pengharapan, Kota Jayapura, Papua pada Desember 2020. (Antara/Indrayadi TH)

Bagikan:

JAYAPURA - Wakil Bupati Jayapura, Provinsi Papua Giri Wijayantoro menyatakan bangga dengan toleransi dan kerukunan umat beragama di "Bumi Kenembai Umbai" itu, yang menjadi kunci keharmonisan antarsesama di wilayah tersebut.

"Perayaan hari keagamaan Paskah yang bersamaan dengan bulan suci Ramadan 1443 Hijriyah saat ini berjalan aman dan umat saling menghargai," katanya di Sentani, dikutip dari Antara, Jumat 15 April.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura menyebutkan toleransi dan kerukunan umat beragam di Bumi Kenembai Umbai menjadi kunci keharmonisan antarsesama di wilayah tersebut.

Menurutnya toleransi yang terjaga hingga saat ini merupakan peran dari semua pihak, sehingga dianangkan daerah berjuluk "Bumi Kenambai Umbai" itu sebagai zona integritas kerukunan umat beragama.

“Tentunya ini menjadi harapan kita semua untuk menjaga kedamaian di tanah Papua, khususnya Kabupaten Jayapura,” katanya.

Ia menjelaskan setelah dicanangkanya Kabupaten Jayapura sebagai zona integritas masyarakat semakin solid menjaga perdamaian. “Itulah semangat yang kita punya, karena sudah menjadi zona integritas kerukunan dan semangat kita adalah semangat damai, semangat untuk mewujudkan kebinekaan,” imbuhnya.

Ia menambahkan dalam bulan suci Ramadan pihaknya mengingatkan umat Islam yang menjalankan shalat tarawih berjamaah tetap memerhatikan protokol kesehatan (prokes) COVID-19 sesuai arahan Presiden Joko Widodo.

“Yang terpenting juga adalah vaksinasi, jangan takut dan harus berani untuk divaksin untuk ketahanan fisik," demikian Giri Wijayantoto.