Sambut Paskah 2022, Polres Banjarnegara Tingkatkan Pengamanan Gereja
Ilustrasi pengamanan di gereja. (Antara)

Bagikan:

PURWOKERTO - Pengamanan di gereja-gereja wilayah Banjarnegara, Jawa Tengah, diperketat. Langkah itu dilakukan untuk menciptakan situasi aman dan kondusif menyambut datangnya perayaan Paskah 2022.

"Polres Banjarnegara memperketat pengamanan wilayah dan gereja-gereja menjelang peringatan Paskah 2022 guna memberikan rasa aman dan nyaman di tengah masyarakat," kata Kapolres Banjarnegara AKBP Hendri Yulianto melalui siaran pers yang diterima di Purwokerto, Rabu 13 April.

Selain memperketat pengamanan wilayah dan gereja menjelang peringatan Paskah 2022, pihaknya juga akan mengawasi sejumlah objek vital dan tempat-tempat keramaian yang ada di Banjarnegara.

Selain itu, pihaknya juga akan melakukan kegiatan sterilisasi di sejumlah gereja yang ada di Banjarnegara.

"Sebagai antisipasi kami juga akan melakukan sterilisasi gereja sebagai pemenuhan standar operasional prosedur yang harus dilaksanakan oleh kepolisian untuk memberikan rasa aman, nyaman dan kondusif kepada warga yang sedang menunaikan ibadah," katanya.

Kapolres mengatakan bahwa personel yang bertugas akan memakai atribut dan peralatan yang lengkap.

Petugas juga akan menyisir seluruh sudut ruangan gereja dan lingkungan sekitar untuk memastikan tidak ada benda yang membahayakan.

"Hal itu dalam rangka memberikan jaminan keamanan kepada warga yang menjalankan kegiatan ibadah. Kami bersama TNI dan Satpol PP serta instansi terkait lainnya berupaya untuk menjaga keamanan warga Banjarnegara dan akan memberikan pengawalan dan pengamanan penuh di setiap kegiatan ibadah di gereja pada masa Paskah ini," katanya.

AKBP Hendri Yulianto menegaskan bahwa pihaknya akan mengintensifkan pelaksanaan patroli baik pagi, siang, sore, maupun malam hari.

"Sebagai bagian dari pengetatan pengamanan kami akan mengintensifkan kegiatan patroli. Selain itu, juga akan mengerahkan personel dengan bersenjata lengkap," katanya.

Kendati demikian, dia mengajak seluruh masyarakat Banjarnegara agar bersama-sama menjaga keamanan di daerah ini.

"Mari bersama menjaga keamanan wilayah di lingkungan masing-masing karena tugas menjaga keamanan merupakan kewajiban semua pihak, instansi, dan seluruh elemen masyarakat," katanya.

Kapolres juga mengajak warga Banjarnegara untuk hidup rukun, damai, dan berperan aktif dalam menjaga iklim kondusif di wilayah setempat.

"Mari bersama-sama hidup rukun dan saling menghormati. Hal lain yang tidak kalah penting adalah tetap disiplin menjaga protokol kesehatan saat beribadah," tandasnya.