Pemantau Pemilu Minta Bawaslu yang Baru Dilantik Segera Bentuk Timsel Bawaslu Provinsi
Komisioner KPU dan Bawaslu periode 2022-2027 mengikuti pelantikan yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka/Foto: Antara

Bagikan:

JAKARTA - Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR) mendorong Bawaslu periode 2022-2027 yang dilantik oleh Presiden Jokowi, Selasa 12 April, segera membentuk tim seleksi anggota Bawaslu di 25 provinsi yang masa jabatannya berakhir pada pertengahan tahun ini.

"Bawaslu yang baru dilantik harus segera membentuk tim seleksi untuk rekrutmen Bawaslu di 25 provinsi yang masa jabatannya berakhir pada pertengahan tahun ini," kata Koordinator Nasional JPPR Nurlia Dian Paramita Dikutip Antara, Rabu 13 April.

JPPR, lanjut Nurlia, mengharapkan Bawaslu dapat menciptakan mekanisme rekrutmen yang lebih berkualitas dan menghasilkan penyelenggara yang lebih baik, termasuk memperhatikan keterwakilan minimal 30 persen perempuan di dalam timsel dan Bawaslu provinsi

Di samping itu, JPPR meminta kepada KPU periode 2022-2027 untuk menetapkan Peraturan KPU (PKPU) tentang Tahapan Pemilu.

"PKPU tentang Tahapan Pemilu perlu segera ditetapkan mengingat hal ini menjadi penting dalam penyusunan program dan kesiapan menghadapi setiap tahapan di Pemilu 2024," kata Nurlia.

KPU periode 2022-2027 juga diminta untuk mengonsultasikan PKPU tentang Verifikasi Partai Politik kepada DPR RI sehingga aturan itu dapat segera ditetapkan.

Nurlia mengatakan JPPR memandang PKPU tentang Verifikasi Partai Politik perlu segera ditetapkan karena agar ada waktu yang cukup bagi KPU untuk menyosialisasikan aturan tersebut dan bagi partai politik peserta pemilu untuk mengisi Sistem Informasi Partai Politik (Sipol).

Terakhir, Nurlia menyampaikan bahwa pihaknya mengimbau para anggota KPU dan Bawaslu periode 2022-2027 untuk senantiasa menjaga kemandirian dan profesionalitas sebagai lembaga yang bersifat mandiri berdasarkan amanat konstitusi dan sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

Selanjutnya, JPPR mengucapkan selamat bertugas kepada seluruh anggota KPU dan Bawaslu periode 2022-2027.

"JPPR mengucapkan selamat bertugas kepada anggota KPU dan Bawaslu periode 2022-2027," kata Nurlia Dian Paramita.