Tanaman di Sejumlah RTH Kawasan Jakpus Rusak akibat Terinjak Massa Demo 11 April
Petugas Pertamanan dan Hutan Kota sedang memperbaiki tanaman yang rusak akibat terinjak-injak saat demo 11 April kemarin/ Foto; IST

Bagikan:

JAKARTA – Pascaaksi demo di kawasan gedung DPR - MPR RI, sejumlah fasilitas umum di Jakarta Pusat mengalami kerusakan. Kepala Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Pusat, Mila Ananda mengatakan, sejumlah ruang terbuka hijau dan pagar taman rusak. Kerusakan itu dampak dari aksi demo yang terjadi kemarin oleh sejumlah massa.

"Ruang terbuka hijau (RTH) yang rusak itu ada di wilayah Tanah Abang dan di depan Indosat. Bahkan ada pagar taman sepanjang 17 meter rusak akibat dampak demo," ujar Mila saat dikonfirmasi VOI, Selasa 12 April.

Mila menjelaskan, saat ini pihaknya masih terus melakukan inventaris kerusakan ruang terbuka hijau di wilayah Jakarta Pusat. Pihak Sudin Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Pusat akan langsung melakukan pembersihan dan perapihan di sejumlah RTH yang rusak itu.

"Kalau hari ini masih ada demo lagi, kita tidak akan lakukan perbaikan secara menyeluruh. Kami hanya lakukan pembersihan dan perapihan saja untuk saat ini," ucapnya.

Dikonfirmasi terpisah, Wakil Wali Kota Jakarta Pusat Irwandi menyebutkan, pihaknya masih melakukan pendataan fasilitas umum (fasum) dan fasilitas sosial (fasos) yang rusak akibat demo. Kerusakan yang terburuk saat ini baru terdata adalah pos polisi di Pejompongan, Tanah Abang yang dibakar.

"Hari ini kita data fasum fasos mana saja yang dirusak, petugas masih bekerja di lapangan untuk lakukan pendataan dan langsung lakukan perbaikan," katanya.