Pemprov Gelar Mudik Gratis Warga Jakarta Tujuan Lima Provinsi Ini
ILUSTRASI ANTARA

Bagikan:

JAKARTA - Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo menuturkan Pemprov DKI kembali menyediakan mudik gratis pada Lebaran tahun ini bagi masyarakat yang pulang ke kampung halaman dari Jakarta.

"Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk tahun ini mengalokasikan anggaran untuk penyediaan bus gratis," kata Syafrin di Balai Kota DKI Jakarta, Senin, 11 April.

Syafrin mengungkapkan pihaknya menyediakan ratusan bus antarkota antarprovinsi (AKAP) untuk mudik gratis ini. Rinciannya, sebanyak 292 bus akan diberangkatkan pada arus mudik dan 200 bus untuk menjemput pemudik kembali ke Jakarta pada arus balik.

Terdapat lima provinsi tujuan yang difasilitasi dalam kegiatan mudik gratis ini. Tiga provinsi di Pulau Jawa dan dua provinsi di Pulau Sumatera.

"Ada lima provinsi yang nantinya menjadi tujuan arus mudik dari Pemprov DKI Jakarta. Mulai Sumatera Selatan, kemudian Lampung, baru kemudian Jawa Tengah, DI Yogyakarta, dan juga Jawa Timur," ungkap Syafrin.

Syafrin menuturkan, warga yang ingin mendapatkan fasilitas mudik gratis ini bisa mendaftar secara online lewat situs web resmi Dishub DKI yang akan diinfokan kemudian. Adapun salah satu syaratnya adalah memiliki KTP DKI Jakarta.

"Karena pendaftaran pemudik akan dibuka secara online, nanti syaratnya akan disampaikan. Saat ini sedang disusun persyaratannya," ucap Syafrin.

Dishub DKI juga menyiapkan truk pendampingan. Truk ini akan mengangkut sepeda motor para pemudik yang mengikuti mudik gratis. Mereka, lanjut Syafrin, bisa kembali pulang ke Jakarta menggunakan kendaraan pribadinya.

"Jadi, kami siapkan pendampingan truk untuk mengangkut roda dua bagi pemudik yang pulang dengan roda dua. Pada saat arus mudik 22 truk, kemudian arus balik sebanyak 9 truk. Sehingga, total kami kerahkan 31 truk untuk arus mudik dan arus balik tahun ini," imbuhnya.