Bagikan:

JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta kembali menggelar program mudik gratis untuk warga Ibu Kota yang akan merayakan Idulfitri 1445 hijriah. Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo menyebut perkiraan kuota pemudik yang akan ditampung sekitar 18 ribu orang.

"Diperkirakan sebanyak 18.760 warga akan mengikuti mudik gratis yang selenggarakan oleh Pemprov DKI Jakarta. Untuk keseluruhan prediksi akan dikoordinasikan dengan Kemenhub dan BPTJ setelah diadakan rapat koordinasi," kata Syafrin kepada wartawan, Selasa, 5 Maret.

Saat ini, mekanisme program mudik gratis masih dimatangkan. Rencananya, mudik gratis Pemprov DKI akan memberangkatkan penumpang ke 19 kabupaten/kota tujuan mudik yang tersebar di 6 provinsi Pulau Jawa dan Sumatera.

Syafrin menyebut, jumlah bus yang akan diberangkatkan saat arus mudik sebanyak 259 unit dan bus arus balik sebanyak 210 unit.

Lalu, disiapkan juga 13 unit truk saat arus mudik dan 10 unit selama arus balik untuk membawa sepeda motor para pemudik program mudik gratis Pemprov DKI.

Direncanakan, mudik gratis DKI akan dilaksanakan pada tanggal 3 April untuk pemberangkatan truk pengangkut sepeda motor dan 4 April untuk pemberangkatan bus pengangkut penumpang.

"Saat ini sedang dilakukan proses pemilihan penyedia," ucap Syafrin.

Selain itu, Dishub DKI juga sudah memulai kegiatan pra rampcheck atau inspeksi keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan di Terminal Tipe A dilaksanakan mulai tanggal 21 Februari 2024 sampai dengan 31 Maret 2024. Kegiatan ini dilanjutkan selama angkutan lebaran berlangsung.

"Dinas Perhubungan DKI Jakarta berharap bahwa terselenggaranya mudik gratis 2024 dapat dimanfaatkan oleh masyarakat yang berujung pada berkurangnya penggunaan kendaraan pribadi, khususnya sepeda motor, untuk melakukan mudik ke kampung halaman. Dengan demikian, protensi kecelakaan lalu lintas akibat kendaraan pribadi dapat dikurangi dan masyarakat sampai ke tujuan dengan selamat," imbuhnya.