Bagikan:

JAKRTA - Harga alpukat melonjak ke level tertinggi dalam lebih dari dua dekade di tengah pengetatan pasokan di Meksiko, pengekspor buah terbesar di dunia, menandakan guacamole atau saus alpukat Meksoko lebih mahal.

Sebuah indeks yang melacak alpukat dari negara bagian Michoacan di Meksiko, sejauh ini merupakan sumber terbesar di negara itu, naik 81 persen tahun ini menjadi 760 peso (38 dolar Amerika Serikat) per kotak 9 kilogram, tertinggi dalam data sejak tahun 1998, angka pemerintah menunjukkan .

“Ketersediaan yang lebih rendah dan tekanan inflasi sisi penawaran adalah penyebab utama,” kata David Magana, seorang analis di Rabobank International, melansir The National News dari Bloomberg 31 Maret.

Produksi alpukat Meksiko terlihat turun 8 persen pada tahun panen 2021-22 dari rekor tertinggi musim sebelumnya, menurut Departemen Pertanian AS.

Importir buah Amerika masih mengejar larangan sementara pengiriman dari Michoacan bulan lalu, yang berasal dari ancaman terhadap inspektur AS. Diketahui, Meksiko menyumbang lebih dari 80 persen alpukat yang dikonsumsi di AS.

Di California, yang memenuhi sekitar 15 persen dari permintaan Amerika, produksi diperkirakan akan meningkat tahun ini "tetapi jelas tidak cukup untuk memenuhi permintaan alpukat yang meningkat di AS", tutur Magana.

Efek dari kenaikan ini terasa, termasuk perusahaan yang sudah merasakan tekanan dari harga yang lebih tinggi. First Watch Restaurant Group mengatakan biayanya meningkat menjelang akhir proyeksinya.

Mission Produce Inc, distributor alpukat terbesar di AS, mengalami kenaikan rata-rata 50 persen harga penjualan alpukat per unit "karena pasokan industri yang lebih rendah dari Meksiko, serta tekanan inflasi", kata kepala eksekutif Steve Barnard dalam sebuah pernyataan Maret lalu.

"Sebagian mengimbangi kenaikan harga adalah penurunan 18 persen dalam volume alpukat yang dijual, yang terutama didorong oleh pasokan yang lebih rendah, tetapi diperburuk oleh sensitivitas harga di pasar internasional tertentu yang bersaing untuk sumber buah dengan biaya lebih rendah."

Untuk diketahui, konsumsi alpukat per kapita AS telah meningkat lebih dari dua kali lipat sejak 2010 menjadi lebih dari sembilan pon, menurut penelitian Rabobank.

Sementara, lebih banyak bantuan pasokan mungkin datang pada pertengahan tahun, ketika Negara Bagian Jalisco di Meksiko mulai mengirim buah ke pasar Amerika Serikat.