Polres Gunung Kidul  Petakan Jam-jam Rawan Kriminalitas Selama Ramadan 2022 Sebelum Tarawih Sampai Subuh
Petugas patroli malam Polres Gunung Kidul melakukan pemeriksaan di pinggir jalan. (Antara)

Bagikan:

GUNUNG KIDUL - Kepolisian Resor Gunung Kidul meningkatkan pengawasan dengan melaksanakan patroli untuk menanggulangi tindakan kriminalitas selama Ramadan 2022. Utamanya pada jam-jam rawan dari sebelum salat tarawih sampai salat subuh.

Kasubag Humas Polres Gunung Kidul AKP Suryanto mengatakan sesuai dengan arahan Kapolres Gunung Kidul Aditya Galayudha Ferdiansyah patroli pada jam-jam rawan diminta untuk ditingkatkan guna mencegah kejahatan.

"Seperti tahun sebelumnya, kejahatan biasanya meningkat pada bulan Ramadan. Maka dari itu, Polres Gunung Kidul membentuk tim untuk melakukan patroli guna memberikan rasa aman bagi masyarakat," kata Suryanto di Gunung Kidul, Rabu 6 April, melansir Antara.

Ia mengatakan sampai saat ini belum ada tindak kriminalitas yang mencolok di daerah ini. Tindak kejahatan yang biasa terjadi, yakni aksi pencurian kendaraan sepeda motor. Aksi pencurian sering terjadi saat salat tarawih sampai subuh.

Dia mengatakan peningkatan patroli dilakukan pada jam rawan seperti menjelang buka puasa hingga salat subuh, termasuk patroli untuk mengantisipasi balap liar yang dilakukan para remaja di Rongkop, Girisubo, hingga Paliyan. "Ada target tertentu untuk mengantisipasi balap liar," kata dia.

Selain itu, lanjut Suryanto, Satgas Pangan dan BBM Reskrim Polres Gunung Kidul terus memantau perkembangan pasokan komoditas ter4sbut kepada masyarakat.

Ia mengimbau masyarakat untuk tak segan melaporkan kepada kepolisian jika menemukan kasus kejahatan. "Masyarakat bisa langsung melaporkan kepada kepolisian terdekat," tandasnya.