Bagikan:

KALTIM - Sebanyak 800 personel kepolisian diterjunkan untuk melakukan pengamanan lalu lintas di Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim) selama bulan Ramadan 2022.

"Pengamanan untuk Ramadan secara berjenjang mulai dari tingkat Polres, Polsek sampai kepada lini Bhabinkamtibmas per kelurahan," kata Kasat Lantas Polresta Samarinda Kompol Creato Sonitehe Gulo di Samarinda, Selasa 5 April, disitat dari Antara.

Dia menjelaskan, untuk permasalahan lalu lintas pihaknya telah melakukan upaya antisipasi kemacetan dengan menurunkan personel untuk melakukan penjagaan di jam-jam rawan kemacetan.

"Penjagaan di Bulan Ramadan terutama saat menjelang buka puasa sampai dengan tarawih karena jam-jam penumpukan sekitar jam segitu," jelasnya.

Sementara terkait balapan liar yang biasa dilakukan ketika jam-jam malam hingga subuh, ia mengaku, pihaknya sudah bentuk tim Satgas khusus anti balapan liar.

Gulo melanjutkan, untuk skala umum pihaknya mengamankan seluruh jalur. Namun secara skala prioritas pihaknya mengamankan daerah-daerah yang memiliki kecenderungan terjadi penumpukan kendaraan.

"Misalnya seperti di sekitaran mal, pelabuhan dan titik-titik Pasar Ramadan serta jalur arus mudik dan jalur lintas antar provinsi," imbuhnya.

Perwira alumni Akpol angkatan 2008 itu menambahkan, ketika menjelang mudik nanti pihaknya akan mengadakan operasi ketupat untuk mengamankan arus mudik dengan pengawasan 24 jam.