Janjian di Grup Tawuran "Tawakal Junior 2018", 4 Anak di Bawah Umur di Jakarta Utara Diamankan Polisi
Ilustrasi tawuran. (Antaranews)

Bagikan:

JAKARTA - Polisi menangkap empat pelaku di bawah umur yang diduga hendak melakukan tawuran di Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, Sabtu, 24 Maret. Rencana mereka terendus polisi dari grup Instagram.

“Kami berhasil mencegah 4 ade-ade kita dengan inisial T,F,A, dan R,” kata Kapolsek Pademangan Kompol Happy Saputra dalam keteranganya, Minggu, 3 April.

Happy menjelaskan pengungkapan itu berawal dari tim siber patroli yang mendeteksi adanya perencanaan aksi tawuran dari grup Instagram yang bernama 'Tawakal Junior 2018'. Adapun di dalam grup itu rata-rata berisikan anak-anak di bawah umur.

“(Kami) memiliki data base seluruh hampir mayoritas Instagram ade-ade yang tergabung di grup tawuran. Grup akun instagram mereka itu bernama Tawakal Junior 2018,” katanya.

Pihaknya terus mendalami perihal percakapan yang ada di dalam grup tersebut. Akhirnya ditemukanlah perencanaan yang mengarah kepada aksi tawuran.

“Dari hasil tersebut kami mendapatkan beberapa id dan juga password mereka. Ditemukan dari hasil chatingan, ada upaya mereka untuk janjian melakukan aksinya di Ancol Pademangan,” jelasnya.

Berdasarkan informasi itu, pihaknya bersama seluruh elemen masyarakat membentuk pencegahan di tempat yang ditentukan para pelaku. Hasilnya empat pelaku berhasil diamankan.

Setelah diamankan, Happy menuturkan akan mengirim para pelaku ini ke Dinas Sosial Jakarta Utara. Guna dilakukan pembinaan agar dapat merubah sikap dari para pelaku tersebut.

“Langsung membuat surat kepada Kepala Dinsos Walikota Jakarta Utara untuk menyerahkan 4 orang itu untuk dilakukan pembinaan di panti anak-anak nakal,” ucapnya.

Selain itu, dirinya juga mengirim surat kepada kepala sekolah para pelaku itu, guna diberikan sanksi tegas. Hal ini dilakukan agar mereka yang terlibat mendapatkan efek jera.

“Harapan kami ini memberikan efek jera kepada ade-ade kita dan juga untuk mengingatkan orang tua mereka untuk terus mengawasi anak,” tandasnya.