Borobudur Dipercantik, Jokowi Tak Masalah Wisatawan Bakal Membeludak Saat Libur Lebaran
Presiden Joko Widodo di Candi Borobudur Magelang Jateng/tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo mengatakan dirinya tak mempermasalahkan bila banyak wisatawan yang mengunjungi Candi Borobudur saat musim Lebaran. 

Hal ini disampaikan Jokowi saat meninjau perbaikan infratruktur candi yang terletak di Magelang, Jawa Tengah.

Jelang Ramadan tahun ini, pemerintah memang tengah melakukan pelonggaran mobilitas. Atas hal itu, Jokowi mengingatkan masyarakat untuk melakukan vaksinasi COVID-19.

"Tidak masalah (jika musim lebaran banyak wisatawan mengunjungi Candi Borobudur, red). Yang paling penting, yang paling penting, saat mudik kemudian kalau berwisata, jangan lupa protokol kesehatan," kata Jokowi dilihat pada tayangan Youtube Sekretariat Presiden, Rabu, 30 Maret.

"Utamanya memakai masker dan yang kedua sudah harus vaksin lengkap ditambah vaksin penguat, booster, karena ini untuk melindungi kita semuanya untuk menjaga kita semuanya," lanjutnya.

Jokowi melanjutkan, pemerintah melakukan perbaikan besar terhadap lingkungan di Candi Borobudur selama 2 tahun terakhir. Di antaranya pelebaran jalan hingga mempercantik area masuk ke arah candi.

Upaya mempercantik destinasi wisata ini, menurut Jokowi, menjadi hal penting sebagai daya tarik Indonesia di mata wisatawan mancanegara.

"Apa pun ini adalah salah satu dari destinasi wisata prioritas yang ingin kita perbaiki. Yang paling penting juga adanya event-event seni budaya yang rutin, seni pertunjukan yang rutin, yang terus digelar di lokasi-lokasi destinasi wisata kita, termasuk di dalamnya Borobudur harus terus dilakukan sehingga, akan menarik lebih banyak lagi wisatawan untuk datang ke Indonesia," papar jokowi.