Ketua Komisi II DPR akan Yakinkan Pusat Provinsi Gorontalo Layak Dimekarkan
Ketua Komisi II DPR, Ahmad Tandjung, saat mengunjungi Calon Daerah Otonom Baru di Provinsi Gorontalo. (ANTARA/HO-Kominfo)

Bagikan:

GORONTALO - Ketua Komisi II DPR, Ahmad Tandjung, mengatakan Provinsi Gorontalo memiliki potensi dimekarkan. Setelah berkeliling, dia menyimpulkan sumber daya alamnya mendukung wilayah itu sebagai Daerah Otonomi Baru (DOB).

“Intinya dalam perjalanan dua hari ini, yang saya rekam bahwa Provinsi Gorontalo ini wilayahnya cukup luas. Kita merasakan bagaimana capeknya keliling di beberapa kabupaten. Ini menambah keyakinan kami di Komisi II untuk menyampaikan kepada pemerintah pusat. Pemekaran ini sebuah keharusan untuk memajukan satu daerah dengan membentuk otonom baru,” kata dia, dikutip dari Antara.

Ia pun mengaku sangat terkesan dengan semangat masyarakat calon DOB di Provinsi Gorontalo, yang tampak antusias mengurus segala kelengkapan persyaratan DOB.

Hingga saat ini, dari hasil presentasi komite calon DOB yang dikunjungi ia menilai sudah cukup layak dan objektif. “Semangat ini tentu tidak lepas dari peran gubernur, yang mendorong para komite untuk mempersiapkannya dengan baik,” kata dia.

Ia juga mengaku lega karena lima wilayah calon DOB, telah dikunjungi dalam waktu dua hari.

Kelima calon DOB itu adalah Gorontalo Barat, Boliyohuto, Telaga, Bone Pesisir, dan Panipi. Gorontalo Barat akan dimekarkan dari Kabupaten Pohuwato; Boliyohuto, Telaga dan Panipi dari Kabupaten Gorontalo; serta Bone Pesisir dari Kabupaten Bone Bolango.