TNI Siap Distribusikan Vaksin COVID-19 ke Seluruh Indonesia
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto tengah (Foto: Instagram @hadi.tjahjanto)

Bagikan:

JAKARTA - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan. pihaknya mendukung langkah Satuan Tugas Penanganan COVID-19 dalam mendistribusikan peralatan kesehatan maupun vaksin COVID-19 ke seluruh Indonesia. Hal ini disampaikannya saat menerima kunjungan Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Doni Monardo.

Menurut Hadi, seluruh prajuritnya telah disiapkan dalam upaya mendukung operasi kemanusiaan yang bertujuan untuk mencegah penyebaran COVID-19 di tengah masyarakat.

"Sejak awal penanganan COVID-19, TNI mendukung semua langkah yang ditempuh pemerintah untuk mengendalikan penyebaran virus corona. Saya sudah bertemu dengan pimpinan dari seluruh angkatan di banyak daerah untuk meminta semuanya siap melanjutkan operasi kemanusiaan, termasuk ketika kelak harus mendistribusikan vaksin ke seluruh daerah," kata Hadi dalam keterangan tertulisnya, Minggu, 27 September.

Dia mengatakan, seluruh armada yang dimiliki oleh TNI Angkatan Udara maupun TNI Angkatan Laut akan siap dipergunakan dalam mendistribusikan logistik kesehatan ke seluruh penjuru Tanah Air. Selain itu, semua prajuritnya juga telah siap dengan berbagai tugas yang akan dijalani di tengah pandemi ini.

Lebih lanjut, Hadi menegaskan perang melawan pandemi COVID-19 ini adalah perang yang berkelanjutan. Sehingga, semua pihak harus terlibat dalam penanganannya tak terkecuali masyarakat.

"TNI sendiri, sekali lagi siap untuk mendukung segala upaya dalam menghadapi wabah COVID-19 itu," tegasnya.

Menanggapi pernyataan Hadi, Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Doni Monardo mengucapkan terima kasih atas dukungan TNI dalam melawan pandemi COVID-19 yang sudah dihadapi Indonesia berbulan-bulan ini. Dia bahkan mengatakan, pendistribusian alat pelindung diri (APD) bagi dokter dan petugas medis di awal masa pandemi ini, bisa terjadi karena bantuan TNI.

"Sejak awal terbentuknya Gugus Tugas, TNI memberikan dukungan yang luar biasa. Pendistribusian alat pelindung diri bagi dokter dan petugas medis ke seluruh Indonesia pada awal Maret lalu bisa terlaksana berkat dukungan TNI," ungkap Doni.

Bukan hanya itu, Doni juga menyebut TNI telah membantu secara langsung terkait penanganan COVID-19 di bidang kesehatan. Hal ini terbukti dengan banyaknya dokter dan petugas medis dari Tim Kesehatan TNI di seluruh Indonesia terlibat langsung dalam menangani warga yang terinfeksi COVID-19. 

"Penanganan Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet, Pulau Galang, RS Indrapura di Kota Surabaya, Jawa Timur juga bisa berjalan baik berkat dukungan Tim Kesehatan TNI," katanya.

Terakhir, Doni sepakat dengan Hadi jika perjuangan menghadapi pandemi ini masih panjang. Apalagi dalam dua bulan terakhir tingkat penularan semakin meningkat. Sehingga, disiplin bagi diterapkannya protokol kesehatan merupakan langkah yang harus dilakukan sebelum ditemukan obat dan vaksin untuk COVID-19.