Bagikan:

JAKARTA - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) meminta para calon kepala daerah yang diusung partainya menawarkan solusi menghadapi pandemi COVID-19, saat kampanye Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020. Calon kepala daerah juga diminta berkompetisi secara sportif.

"Saya berharap materi kampanye untuk menjelaskan solusi terbaik menghadapi krisis pandemi dan ekonomi di daerahnya," kata AHY saat menyampaikan pidatonya dalam rangka memperingati HUT ke-19 Partai Demokrat yang ditayangkan di salah satu stasiun televisi, Jumat, 25 September.

Menurut dia, gagasan para calon kepala untuk menangani dampak pandemi dan ekonomi harus terus diperjuangkan dengan cara yang baik.

"Agar para kandidat sukses dan bisa memenangkan hati, pikiran, dan suara rakyat berkompetisilah secara sportif dan beretika. Raih kemenangan tanpa harus mencabik pondasi kebangsaan," tegas dia.

Selain itu, AHY juga mengingatkan para calon kepala daerahnya untuk terus menjalankan kampanye dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin. Dia memahami jika kampanye di masa pandemi ini akan mengalami kesulitan.

"Tapi di satu sisi para calon kepala daerah harus menyapa rakyat dengan menjaga jarak," tegasnya.

"Jangan sampai karena pilkada justru menciptakan klaster baru COVID-19 di berbagai daerah," imbuh dia.

Anak sulung Presiden RI ke-6 ini mengingatkan para calon kepala daerah yang diusung agar bekerja dengan penuh amanah, efektif, dan menghadirkan hal konkret kepada masyarakat bila terpolih di Pilkada.

"Jangan obral janji tapi buktikan dengan kerja dan hasil nyata. Demokrat harus berkoalisi dengan rakyat, serap, dan dengarkan suara rakyat karena harapan rakyat adalah perjuangan Demokrat," tuturnya.