<i>Drive Thru Wedding</i> Jadi Cara Hotel Bertahan di Tengah Pandemi COVID-19
Ilustrasi. (Foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - PT Hotel Indonesia Natour (Persero) atau HIN mengambil sejumlah strategi untuk bisa bangkit dari dampak pandemi COVID-19 yang telah menyebabkan penurunan pendapatan sangat siginifikan. Saat ini, perusahaan hotel tak hanya mengandalkan bisnis sewa kamar.

Direktur Utama HIN Iswandi Said mengatakan, berbagai cara yang ditempuh untuk tetap bisa bertahan di tengah tekanan pandemi. Langkah yang tersebut, merupakan inovasi bisnis. Sebab, PT HIN memang tak pernah menutup hotel selama masa pandemi.

"Kami dari manajemen membuat headline dan standar operasional prosedur (SOP) sesuai dengan new normal, dan menyosialisasikan ke seluruh PT HIN. Dan kami menerapkan protokol kesehatan dengan disiplin," katanya, dalam diskusi virtual, Kamis, 23 September.

Layanan Food and Beverages

Iswandi mengatakan, PT HIN membuat inovasi bisnis salah satunya memaksimalkan layanan food and beverages. Di mana, hotel beralih menyediakan katering.

"Jadi hotel-hotel kami dipacu sedemikian rupa untuk menjual produk yang di-delivery. Bisa diantar ke rumah-rumah melalui kerja sama dengan Gojek dan segala macam. Sehingga dapur masih ngebul dan bisa membantu biaya listrik dan lainnya," katanya.

Tawarkan Layanan Drive Thru Wedding dan Wisuda

Menurut Iswandi, pihaknya juga sudah mulai memikirkan bagaimana hotelnya dapat memberikan layanan pernikahan atau wedding di tengah pandemi COVID-19. Sebab, sebelumnya perusahaannya memang menyediakan layanan tersebut.

"Dalam waktu yang sama, kami juga sudah mulai memikirkan bagaimana bisa tetap melakukan wedding tapi wedding-nya drive thru. Itu sudah dilakukan di beberapa hotel di Medan, Yogya, dan Bali," jelasnya.

Bahkan, kata Iswandi, pihaknya baru saja melaksanakan ada wisuda drive thru di hotel PT HIN, dengan total sebanyak 1.800 orang.

Layanan Laundry

Di tengah pandemi COVID-19, kata Iswandi, PT HIN terus melakukan inovasi agar mampu bertahan dan membayar gaji pegawai. Salah satu cara yang sebelumnya tidak pernah dilakukan pun harus dilakukan. Salah satunya menyedikan layanan laundry bagi masyarakat.

"Laundry service kami tawarkan kepada masyarakat yang ingin laundry. Kami antar ke rumah. Ini semua pekerjaan kami yang tadinya in house, kami bawa ke luar," jelasnya.

Diskon Hotel 45 Persen

Iswandi mengatakan, untuk menjaga cash flow di tengah perlemahan ekonomi pihaknya menawarkan sistem 'book now stay later' atau pesan sekarang kemudian dapat ditempati kapanpun. Menurut dia, ini sangat membantu cash flow PT HIN.

"Kami menawarkan kepada masyarakat book now stay later, yang artinya membeli voucher dengan harga yang spesial. Di mana pada saat itu kami menawarkan diskon 45 persen dan customer boleh stay kapan saja, sampai tahun depan," tuturnya.

Isolasi Mandiri

Selanjutnya, kata Iswamdi, layanan yang ditawarkan perusahaannya adalah sebagai tempat isolasi mandiri. Bahkan, program ini cukup diminati masyarakat.

"Isolasi mandiri ini cukup diminati. Ada beberapa masyarakat dengan perekonomian cukup, mereka tidak ingin stay Wisma Atlet atau tempat-tempat yang disediakan pemerintah, tapi dia ingin isolasi di hotel," jelasnya.