Bagikan:

JAMBI - Gubernur Jambi H Al Haris mengingatkan cara berpakaian aparatur sipil negara (ASN) harus sesuai standar karena menyangkut kedisiplinan, karakter, dan citra sebagai abdi negara yang menjadi contoh masyarakat.

"Dalam mengenakan pakaian harus standar ASN, baju masuk ke dalam, dan pakai ID Card," kata Gubernur Haris pada Upacara Peningkatan Rasa Nasionalisme dan Kedisiplinan ASN Tingkat Pemprov Jambi Tahun 2022 di lapangan Kantor Gubernur Jambi di Telanaipura Kota Jambi dilansir Antara, Senin, 21 Maret..

Tak sampai di situ, ia mengingatkan pula penggunaan sepatu hitam pakai tali dan mengenakan segala atribut dengan mematuhi segala aturan yang mengikat.

"Sebagai ASN, kita perlu mengangkat citra karena yang namanya ASN harus disiplin dan mematuhi segala aturan,” tegasnya.

Gubernur menegaskan ASN baik struktural maupun fungsional di setiap organisasi perangkat daerah (OPD) Provinsi Jambi harus lebih disiplin, profesional, dan kompak dalam bekerja sehingga mendapatkan hasil yang maksimal dalam bekerja.

Dalam rangka meningkatkan rasa nasionalisme, kata dia, kebersamaan antara atasan dan bawahan perlu ditingkatkan karena manusia selalu ada kesalahan.

"Seorang atasan perlu menggerakkan stafnya untuk disiplin, jangan membiarkannya," kata dia.

Ia berpesan kepada ASN Pemerintah Provinsi Jambi harus bekerja sesuai tugas pokok (tupoksi) dan fungsi masing-masing dengan sistem kerja yang telah terbentuk.

Menurut dia, para pejabat atau atasan harus bicara terkait tupoksi kepada para staf. Bila semua pekerjaan diselesaikan berdasarkan tupoksi dengan baik maka program kegiatan akan mendapatkan hasil "outcome" yang diinginkan bersama.

Gubernur meminta ASN untuk terus memperbaiki nilai-nilai integritas dan bekerja lebih baik lagi ke depan, khususnya terkait pelaksanaan anggaran.

"Kita harus benar-benar merencanakan anggaran dengan baik, jangan sampai di akhir tahun baru sibuk melakukan pencairan,” katanya.