Hong Kong Longgarkan Pembatasan Ketat COVID-19 Bulan Depan, Carrie Lam: Larangan Penerbangan Tidak Lagi Tepat
Ilustrasi sepinya bandara di Hong Kong. (Wikimedia Commons/Studio Incendo)

Bagikan:

JAKARTA - Hong Kong berencana untuk melonggarkan beberapa tindakan anti-COVID-19 bulan depan, mencabut larangan penerbangan dari sembilan negara, mengurangi karantina dan membuka kembali sekolah, setelah reaksi keras dari bisnis dan penduduk.

Langkah tersebut, yang diumumkan pada Hari Senin oleh Kepala Eksekutif Carrie Lam, membuat banyak negara beralih untuk mencoba hidup dengan virus daripada mencoba untuk mencegahnya.

Penduduk Hong Kong diketahui semakin frustasi dengan tindakan tegas yang diambil oleh Otoritas Hong Kong, dengan banyak di antara tindakan telah diberlakukan selama lebih dari dua tahun.

Larangan penerbangan dari Australia, Inggris, Kanada, Prancis, India, Nepal, Pakistan, Filipina dan Amerika Serikat akan dicabut mulai 1 April.

"Larangan penerbangan tidak lagi tepat waktu dan tepat, itu akan membawa gangguan besar bagi orang-orang Hong Kong yang terjebak di sembilan negara tersebut, jika kita melanjutkan larangan itu," kata Lam dalam jumpa pers, melansir Reuters 21 Maret.

Hong Kong
Ilustrasi COVID-19 di Hong Kong. (Wikimedia Commons/Studio Incendo)

Selain itu, karantina hotel untuk penduduk Hong Kong yang tiba di kota itu dapat dipotong menjadi tujuh hari dari 14 hari, jika mereka dinyatakan negatif, kata Lam. Dia sebelumnya mengatakan langkah-langkah akan dilakukan hingga 20 April.

Tak hanya itu, sekolah akan melanjutkan kelas tatap muka mulai 19 April sementara tempat-tempat umum termasuk fasilitas olahraga juga akan dibuka kembali mulai 21 April, katanya.

Lebih jauh, rencana untuk melakukan pengujian virus corona massal akan ditunda, kata Lam, mengutip para ahli yang mengatakan itu bukan waktu yang tepat. Hong Kong perlu memiliki strategi keluar yang jelas daripada mencoba membasmi virus sepenuhnya, kata para ahli.

Lam mengatakan langkah-langkah jarak sosial akan dilonggarkan secara bertahap mulai 21 April, memungkinkan makan di restoran setelah jam 6 sore. dengan meja empat orang dari dua saat ini.

Klub malam, pub dan pantai akan diizinkan untuk dibuka pada tahap kedua sementara orang-orang akan diizinkan untuk berolahraga di luar ruangan tanpa masker. Masker saat ini wajib di mana-mana di luar rumah.

Perbatasan Hong Kong telah ditutup secara efektif sejak 2020, dengan hanya sedikit penerbangan yang dapat mendarat, hampir tidak ada penumpang yang diizinkan untuk transit, mengisolasi kota yang telah membangun reputasi sebagai pusat keuangan global tersebut.

hong kong
Ilustrasi COVID-19 di Hong Kong. (Wikimedia Commons/美国之音汤惠芸)

Kendati demikian, Hong Kong mencatat kematian paling banyak per satu juta orang secara global dalam beberapa minggu terakhir, lebih dari 24 kali lipat dari saingannya Singapura, Dengab sebagian besar lansia yang tidak divaksinasi karena varian Omicron yang sangat menular merobek panti jompo.

Kota yang padat itu telah mencatat lebih dari satu juta infeksi sejak pandemi dimulai dan sekitar 6.000 kematian, kebanyakan dari mereka dalam sebulan terakhir. Pihak berwenang melaporkan 14.068 kasus baru pada Hari Senin dan 223 kematian.

Sebanyak 4 juta orang, dari populasi 7,4 juta, dapat terinfeksi menurut perkiraan para ahli kesehatan karena banyak penduduk yang tertular virus dan diisolasi di rumah tanpa memberi tahu pihak berwenang.

Diketahui, secara resmi memilih untuk berpegang pada kebijakan virus corona 'nol dinamis' seperti China daratan yang berupaya mengekang semua wabah. Hong Kong beralih ke strategi mitigasi ketika angka kematian meroket.

Perputaran kebijakan Lam terjadi setelah pemerintahannya berulang kali dikritisi oleh politisi, media pro-Beijing dan media sosial China, hanya beberapa minggu sebelum kota itu akan mengadakan pemilihan pada 8 Mei mendatang, untuk memilih siapa yang akan memimpin wilayah itu selama lima tahun ke depan.