Bagikan:

JAKARTA - Pasokan sayuran hampir habis di Hong Kong pada Hari Selasa, dengan pembeli berebut untuk membeli apa pun yang dapat mereka temukan, sementara pemerintah menyalahkan lonjakan infeksi COVID-19 menyebabkan penurunan pengiriman produk segar dari daratan.

Pemimpin Hong Kong Carrie Lam akan mengumumkan pembatasan COVID-19 lebih lanjut di kemudian hari, setelah kota itu melaporkan rekor lebih dari 600 kasus baru pada Hari Senin. Penyiar TVB mengatakan setidaknya ada 380 infeksi yang dikonfirmasi pada Hari Selasa dengan 400 tes positif awal.

Berbicara dalam jumpa pers mingguan, Carrie Lam mengatakan pengiriman sayuran dari seberang perbatasan turun akibat pengemudi truk yang dites positif terkena virus, tetapi dia tidak menawarkan solusi khusus untuk mengatasi kekurangan tersebut.

Rak-rak yang menyimpan sayuran kosong di banyak supermarket di kota, sementara orang banyak membanjiri pasar segar untuk membeli produk terbatas yang tersedia. Namun, makanan lain tetap tersedia.

Di sebuah pasar di pusat kota pasar Wan Chai pada Selasa pagi, seorang anggota staf dari toko sayur Qiandama, berteriak kepada orang banyak untuk tidak masuk.

"Tidak ada lagi sayuran di dalamnya, Ini seperti medan perang," katanya ketika orang-orang mencoba menyerbu masuk, mengutip Reuters 8 Februari.

covid-19 hong kong
Ilustrasi COVID-19 di Hong Kong. (Wikimedia Commons/Studio Incendo)

Beberapa kios sayur dan buah yang menjual produk China daratan tutup sementara yang lain menjual produk dengan harga dua kali lipat dari biasanya.

Untuk saat ini, kata Lam, opsi terbaik adalah mematuhi strategi "nol dinamis" yang digunakan oleh China daratan, untuk menekan semua wabah virus corona sesegera mungkin.

Surat kabar resmi Partai Komunis China, People's Daily, telah mendorong Hong Kong untuk mengikuti pendekatan China, untuk menahan virus dalam sebuah editorial pada Hari Senin.

"Kita harus menahan penyebaran virus sebanyak dan secepat mungkin," sebut Lam.

Kebijakan ketat virus corona di Hong Kong telah, mengubah salah satu perjalanan dan bisnis global top, menjadi salah satu kota besar paling terisolasi di dunia.

Korban ekonomi dan psikologis dari pendekatan garis keras meningkat dengan cepat, dengan langkah-langkah menjadi lebih kejam daripada yang pertama kali diterapkan pada awal pandemi pada tahun 2020.

Penerbangan turun sekitar 90 persen, sekolah, taman bermain, gym, serta sebagian besar tempat lainnya ditutup. Restoran tutup pukul 6 sore. Sementara kebanyakan orang, termasuk sebagian besar pegawai negeri, bekerja dari rumah.

Sementara, fasilitas karantina pemerintah juga mendekati maksimum, karena pihak berwenang berjuang untuk mengikuti skema pelacakan kontak yang kaku.

Banyak pakar kesehatan mengatakan strategi saat ini untuk menutup diri, ketika seluruh dunia beralih ke hidup dengan virus corona, tidak berkelanjutan.

Dokter mengatakan kesehatan mental menderita, terutama di keluarga di mana orang berpenghasilan lebih rendah, atau anak-anak tidak bisa pergi ke sekolah karena pembatasan.

Untuk diketahui, Hong Kong melaporkan rekor 614 kasus COVID-19 baru pada Hari Senin, kata otoritas kesehatan, dalam ujian terbesar untuk strategi nol-COVID saat bergulat untuk menahan wabah yang berkembang.