4 Pasangan Calon Bersaing di Pilgub Sumbar, dari Walkot, Anggota DPR hingga Eks Kapolda
Ilustrasi/VOI

Bagikan:

PADANG -  Sebanyak empat pasangan kandidat ditetapkan KPU Sumatera Barat (Sumbar) sebagai calon gubernur dan wakil gubernur dalam Pilgub Sumbar. Keempatnya resmi bersaing setelah KPU Sumbar melakukan pleno penetapan secara tertutup hari ini.

"Keempat pasangan calon yang telah mendaftar dinyatakan memenuhi syarat untuk ditetapkan sebagai calon," kata Ketua KPU Sumbar Amnasmen, Rabu, 23 September.

Keempat pasangan yang ditetapkan KPU itu yakni Mahyeldi Ansharullah-Audy Joinaldy, Nasrul Abit-Indra Catri, Mulyadi-Ali Mukhni dan Fakhrizal-Genius Umar.

Mahyeldi yang saat ini masih menjabat Wali Kota Padang, diusung PKS dan PPP. Sedangkan Nasrul Abit, Wagub Sumbar saat ini, maju bersama Bupati Agam Indra Catri dengan diusung Gerindra.

Sementara Anggota DPR Mulyadi berpasangan dengan Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni lewat koalisi Demokrat dan PAN. Kemudian Fakhrizal yang merupakan mantan Kapolda Sumbar berduet dengan Wali Kota Pariaman Genius Umar lewat koalisi Golkar, Nasdem dan PKB.

KPU Sumbar akan melakukan pengundian nomor urut cagub-cawagub pada Kamis (24/9). KPU Sumbar akan membatasi jumlah undangan dalam pengundian nomor urut itu.

Selain menetapkan pasangan cagub cawagub, KPU Sumbar juga menetapkan 44 pasangan lainnya dalam pilkada kabupaten dan Kota di Sumbar. Dari 49 pasangan yang sempat mendaftar, satu pasangan yang mendaftar Pilkada Kota Solok dinyatakan gugur karena tak lolos tes kesehatan.

"Termasuk gubernur, semuanya itu kita hitung kemarin ada 98 orang, 49 pasang. Gagal satu, berarti tinggal 48 pasangan," kata Komisioner KPU Sumbar, Izwaryani.