Usai Dilantik Jadi Direktur Penindakan, Brigjen Setyo Ikut Rapat Bersama Pimpinan KPK
Ilustrasi/Gedung KPK (M.Iqbal/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri melantik 12 orang pejabat struktural baru. Salah satunya, Brigjen Setyo Budiyanto yang kini menjabat sebagai Direktur Penindakan menggantikan Brigjen Panca Putra Simanjutak.

Pelantikan digelar di Auditorium Penunjang KPK pada pukul 10.00 WIB dan disiarkan langsung melalui sejumlah sosial media milik lembaga antirasuah itu, termasuk melalui YouTube.

"Saya dengan ini resmi melantik, satu saudara Setyo Budianto sebagai Direktur Penindakan. Dua, saudara Tomi Murtomo sebagai Direktur Pengaduan Masyarakat dan ketiga, saudara Riki Arif Gunawan sebagai Direktur Pengelolahan Informasi dan Data," kata Firli saat acara pelantikan tersebut, Selasa, 22 September.

Selain melantik ketiga orang direktur tersebut, Firli juga melantik sembilan koordinator wilayah yang terdiri dari unsur internal KPK dan Polri. Mereka yang turut dilantik adalah Asep Rahmat Suwanda, Aminuddin, Budi Waluyo, Aida Ratna Zulaiha, Didik Agung Widjanarko, Agung Yudho Wibowo, Bahtiar Ujang Purnama, Kumbul Kuswijayanto Sudjadi, dan Yudhiawan.

"Selamat atas kepercayaan bangsa dan negara untuk mengemban tugas baik sebagai direktur atau koordinator wilayah," ungkap Firli saat memberikan kata sambutan.

Dalam sambutannya itu, Firli menegaskan KPK punya tugas pokok untuk melaksanakan pencegahan, koordinasi, monitoring, supervisi, melakukan penindakan dan penuntutan. KPK, kata dia, memiliki harapan besar dari masyarakat untuk memberantas praktik rasuah di Indonesia dengan menerapkan visi misinya.

Adapun visi yang dimaksud adalah bersama masyarakat menurunkan tindak pidana korupsi menuju Indonesia Maju dengan sejumlah visi, yang salah satunya adalah melakukan pencegahan, penindakan untuk mengembalikan aset negara, dan menjaga transparansi lembaga ini.

Supaya visi misi ini makin jelas bagi para pejabat yang baru dilantik tersebut, Firli mengatakan pimpinan dan sejumlah pejabat struktural akan melakukan pertemuan usai pelantikan digelar.

"(Visi dan misi, red) Ini saya kira saya sampaikan ke pejabat baru tapi nanti kita akan lakukan pertemuan khusus dengan pejabat yang baru dilantik. Jadi setelah ini kita akan melakukan pertemuan antara pejabat Eselon I, Eselon II, dan pimpinan terkait dengan tugas baru kalian," ungkapnya.

"Hari ini kita bersyukur kita mendapatkan para pegawai yang akan mengisi jabatan Eselon II di KPK," pungkasnya.