Status Bendung Katulampa Turun Jadi Siaga 3, Jakarta Waspada Potensi Hujan
Bendung Katulampa (DOK. Humas BNPB)

Bagikan:

JAKARTA - Kapusdatinkom Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Raditya Jati menyebut tinggi muka air (TMA) Bendung Katulampa, Bogor, Jawa Barat telah surut setelah berada pada siaga 1 pada pukul 18.18 WIB. Kini status Bendung Katulampa menjadi siaga 3.

"BPBD Kota Bogor memperbarui data status TMA Bendung Katulampa menjadi level 3 setelah sebelumnya sempat bertahan di level 1 selama kurang lebih 25 menit," kata Raditya dalam keterangannya, Senin, 21 September.

Raditya menyebut, Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto sudah berkoordinasi dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk mengantisipasi kiriman air.

"Dalam peninjauan langsung di Bendung Katulampa, Wali Kota Bima Arya mengkonfirmasi adanya penurunan TMA tersebut. Pihaknya juga telah berkoordinasi dengan pihak terkait, termasuk dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan," tutur Raditya.

Jabodetabek Masih Berpotensi Hujan

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi Jabodetabek masih diperkirakan hujan sedang hinggal lebat hingga pukul 22.00 WIB.

Beberapa daerah yang masih berpotensi hujan adalah di Tanah Abang, Kebon Jeruk, Pal Merah, Setiabudi, Mampang Prapatan, Pasar Minggu, Kebayoran Lama, Cilandak, Kebayoran Baru, Pancoran, Pesanggrahan, Kramatjati dan Cipayung untuk Provinsi DKI Jakarta.

Di wilayah penyangga daerah yang masih berpotensi hujan berada di Ciledug, Pinang, Larangan, Babelan, Sukawangi Cibarusah, Bantar Gebang, Jati Sempurna, Cimanggis, Curug, Kelapa Dua, Serpong Utara, Pondok Aren, Ciputat, dan Ciputat Timur.

Ada pula potensi cuaca yang dapat meluas ke wilayah meliputi Tambora, Grogol Petamburan, Taman Sari, Cengkareng Kembangan, Sawah Besar, Kemayoran, Gambir, Senen, Cempaka Putih, Menteng, Johar Baru, Pulogadung, Jatinegara, Matraman, Pasar Rebo, Duren Sawit, Makasar dan Ciracas, Cilincing, Tebet ,dan Jagakarsa.

Selanjutnya Batuceper, Tangerang, Cibodas, Neglasari, Jatiuwung, Cipondoh, Karawaci, Periuk, Karang Tengah, Tigaraksa, Cisauk, Pasar Kemis, Cikupa, Panongan, Legok Pagedangan, Serpong, Pamulang, Tarumajaya, Pondok Gede, Jatiasih dan Pondok Melati, dan Cinere.

Selama hujan mengguyur Jakarta, ada delapan jalan yang tergenang, di antaranya:

- Jl. Jend. Sudirman, Karet Semanggi, Kecamatan Setiabudi (Depan Atma Jaya)

- Kolong Semanggi, Jl. Jend. Sudirman, Karet Semanggi, Kecamatan Setiabudi

- Jl. Satrio, Karet Semanggi (Depan Wihara Amurvhabumi)

- Jl. Komplek Polri (Depan DPK), Karet Semanggi, Jakarta Selatan

 - Jl. Palmerah Utara 1 RT 01 RW 16, Kel. Palmerah, Kec. Palmerah 

- Taman katalia selatan. RT. 03/RW.11. kel Kota Bambu Utara, Kec. Palmerah

- Jl. Gatot Subroto, Kel. Petamburan, Kec.Tanah Abang

- Jl. Karet Pasar Baru Timur 1, Kel. Karet Tengsin, Kec. Tanah Abang