Waspada Banjir Jakarta! Bogor Hujan Seharian Bendung Katulampa Siaga 4
Bendung Katulampa di Kota Bogor (dok Posko Bendung Katulampa)

Bagikan:

BOGOR - Hujan deras yang melanda kawasan Bogor dan Puncak sepanjang Kamis 14 maret pagi hingga siang menyebabkan debit air sungai Ciliwung meningkat. Bendung Katulampa mencatat ketinggian mencapai status siaga 4, dengan titik tertinggi mencapai 90 cm.

Petugas Bendung Katulampa, Andi Sudirman, mengungkapkan bahwa peningkatan ketinggian air di bendung Katulampa bersifat fluktuatif karena hujan di kawasan Puncak juga naik turun. Ia mengingatkan warga Jakarta akan potensi banjir pada sore hari nanti.

Sepanjang pagi hingga siang hari ini, bendung Katulampa tetap berada dalam status siaga empat. Andi menyatakan ketinggian bendung mencapai puncaknya pada pukul 06.00 pagi tadi, mencapai 90 cm, dengan debit air sekitar 115.000 liter/detik mengalir menuju Jakarta.

"Kami selalu berkoordinasi dengan pihak terkait di Jakarta, dan kami berharap warga tetap waspada menghadapi debit air ini karena hujan juga turun di Jakarta," ungkap Andi.

Diperkirakan debit air ini akan mencapai kawasan Jakarta pada sore hingga petang hari nanti.

Meski pada pukul 08.00 ketinggian bendung menurun hingga mencapai 50 cm, Andi mengingatkan bahwa ketinggian bendung bisa kembali naik karena cuaca di kawasan Puncak bervariatif antara hujan ringan dan lebat.

"Kami terus memantau, karena hujan bergantian antara ringan dan lebat," lanjut Andi.