Penampakan 'Tuyul di Konter HP', Ini Faktanya Sebenarnya
Tangkapan layar dari situs turnbackhoax.id

Bagikan:

JAKARTA - Sebuah video beredar di media sosial dengna narasi penampakan tuyul. Video berdurasi 7 detik itu diunggah Akun Riski Chebol beberapa waktu lalu. Unggahan ini diberi narasi 'detik-detik penampakan tuyul'.

Dari video itu tampak empat orang sedang berbincang di depan toko ponsel. Di sela-sela mereka, ada sosok hitam kecil yang melintas.

Dilansir dari turnbackhoax.id, video tersebut adalah klaim yang salah. Faktanya, sosok hitam kecil yang melintas itu adalah seorang anak kecil yang sedang berlari. Dia bersama orang tuanya sedang makan di warung sebelah toko tersebut. Peristiwa ini terjadi di toko HP bernama Centra Perdana Ungaran Barat, Kabupaten Semarang.

Dikutip dari Tribunnews, seorang karyawan Centra Perdana, Isnaen menceritakan, rekaman tersebut diambil pada 7 September 2020 dan mulai tersebar luas di masyarakat pada 15 September 2020. Isnaen mengaku kaget dengan tersebarnya video yang disebut penampakan tuyul ini.

"Saya awalnya diberi tahu ponakan, saya kaget dan khawatir akan timbul efek negatif. Karena caption yang tidak benar dan video yang sudah diedit dengan tujuan tidak benar, yang akhirnya membuat resah,” ujarnya kepada Tribunnews, Sabtu, 19 September. 

Isnaen menyebut, video yang diberikan narasi salah, merugikan berbagai pihak. “Kasian anak orang disangka tuyul. Kasihan yang punya warung dianggap ada klenik atau pesugihan,” imbuhnya.

Isnaen menceritakan, awalnya video ini diambil untuk mengecek transaksi pembeli saat itu. Kemudian, ada seorang pegawai lain menjadikan rekaman tersebut sebagai story WhatsApp.

"Nah dari situ ternyata ada kontak yang nge-save dan diedit macam-macam," beber Isnaen. 

Isnaen sendiri tidak tahu siapa orang tidak bertanggung jawab yang sengaja mengedit dan menyebar video dengan keterangan penampakan tuyul.

Sedangkan yang disebut sebagai tuyul merupakan anak kecil yang sedang berlari. Isnaen menyebut, anak tersebut bersama orang tuanya sedang makan.

“Sebelah emang warung makan. Jadi itu anak sama orang tuanya lagi makan di warung sebelah. Terus lari-larian sampai depan toko,” imbuhnya. Isnaen berharap, akun-akun yang menyebarkan video dengan narasi tak benar untuk dihapus.

Sementara itu, akun Instagram @fath7027 juga mengunggah video serupa. Videonya mirip dengan yang diunggah akun Rizki Chebol. Tapi, tidak ada penampakan tuyul dalam video tersebut. Bahkan, video itu lebih jelas menggambarkan seorang anak kecil dengan jaket berkupluk sedang berlari.

“Dalam rekaman cctv ini tidak ada hal yang aneh,. Tidak terjadi keanehan apapun. Video ini saya posting untuk menanggapi video yang terlanjur viral dengan caption negativ. Ada oknum yang tidak bertanggung jawab dengan mengedit video. Dan akhirnya menjadikan keresahan.

Kasihan anak orang yang disangka aneh2, kasihan juga yang punya toko bisa berdampak negativ bagi usahanya.

Dimohon akun2 @indozone.id @makassar_iinfo @infocegatansolo yang masih posting video editan dengan caption negativ, untuk segera menghapusnya. Trimakasih” tulis akun Instagram @fath7027.