Gempa M 5,3 di Bayah Banten, Berguncang Keras di Ciputat, Terasa Hingga Cianjur
Gempa Bayah Banten m 5,3. (Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Gempa berkekuatan magnitudo (M) 53 menggetarkan wilayah Bayah, Banten, Sabtu 12 Maret siang. Lindu itu memiliki kedalaman 10 kilometer.

Intensitas getaran gempa ini cukup tinggi di Kota Tengerang dan Kota Tengerang Selatan. Namun, terasa hanya beberapa saat.

"Lumayan besar tadi goyangannya, cuma gak lama," kata Iwan warga RE Martadinata, Cipayung, Ciputat, Kota Tengerang Selatan, kepada VOI, Sabtu 12 Maret.

Menurut Data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa ini juga terasa di sejumlah wilayah Jawa Barat dengan tingkat getaran berbeda.

"Dirasakan (Skala MMI): III-IV Pelabuhan Ratu, II Kota Tangerang, II-III Kota Sukabumi, II-III Munjul, III-IV Malingping, III-IV Cinangka, III-IV Bayah, III Lebak, III Panggarangan, II-III Tanara, II-III Anyer, II-III Cianjur, II Serpong," tulis BMKG dalam situs resminya, Bmkg.go.id, Sabtu 12 Maret.

Gempa ini muncul pukul 12.31 WIB. Dengan pusat gempa 41 kilometer barat daya Bayah Banten. Sementara koordinat gempa 7.19 Lintang Selatan dan 105.98 Bujur Timur.

BMKG dalam situsnya melaporkan gempa ini tidak berpotensi tsunami. Kepada masyarakat di sekitar titik gempa, BMKG mengimbau agar tetap waspada terhadap gempa susulan yang mungkin terjadi.

"Hati-hati terhadap gempabumi susulan yang mungkin terjadi," ujar BMKG.