Siap Balikkan Sanksi AS dan Sekutunya Terkait Invasi Ukraina, Presiden Vladimir Putin: Kami akan Menyelesaikan Ini
Presiden Vladimir Putin. (Wikimedia Commons/Kremlin.ru/Пресс-служба Президента Российской Федерации)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan pada Hari Kamis, sanksi yang dijatuhkan terhadap Rusia berbalik kembali terhadap Barat, termasuk dalam bentuk harga pangan dan energi yang lebih tinggi, dan Moskow akan menyelesaikan masalahnya untuk muncul lebih kuat.

Presiden Putin mengatakan tidak ada alternatif untuk apa yang disebut Rusia sebagai operasi militer khusus di Ukraina, dan bahwa Rusia bukanlah negara yang dapat menerima kompromi kedaulatannya untuk semacam keuntungan ekonomi jangka pendek.

"Sanksi ini akan dikenakan dalam hal apapun," kata Putin dalam pertemuan dengan Pemerintah Rusia, melansir Reuters 11 Maret.

"Ada beberapa pertanyaan, masalah dan kesulitan tetapi di masa lalu kami telah mengatasinya dan kami akan mengatasinya sekarang."

"Pada akhirnya, ini semua akan mengarah pada peningkatan kemerdekaan, swasembada, dan kedaulatan kami," sambungnya.

Komentarnya dirancang untuk menggambarkan sanksi Barat sebagai tindakan yang merugikan diri sendiri, meyakinkan Rusia negara itu dapat menahan apa yang disebut Moskow sebagai 'perang ekonomi' melawan bank, bisnis dan oligarki bisnisnya.

Lebih jauh Presiden Putin mengatakan Moskow, produsen energi utama yang memasok sepertiga gas Eropa, akan terus memenuhi kewajiban kontraktualnya meskipun telah dikecam dengan sanksi komprehensif, termasuk larangan pembelian minyaknya oleh AS.

"Mereka mengumumkan bahwa mereka menutup impor minyak Rusia ke pasar Amerika. Harga di sana tinggi, inflasi sangat tinggi, telah mencapai rekor tertinggi dalam sejarah. Mereka mencoba menyalahkan hasil kesalahan mereka sendiri pada kami. Kami sama sekali tidak ada hubungannya dengan itu," paparnya.

Melawan Barat, Pemerintah Rusia sebelumnya mengatakan telah melarang ekspor peralatan telekomunikasi, medis, mobil, pertanian, listrik dan teknologi, di antara barang-barang lainnya hingga akhir 2022.

Secara total, lebih dari 200 item dimasukkan dalam daftar penangguhan ekspor, yang juga mencakup gerbong kereta api, kontainer, turbin, dan barang lainnya.

Berbicara dengan tenang, Presiden Putin mengakui bahwa sanksi yang dijatuhkan sejak invasi 24 Februari sedang dirasakan.

"Jelas bahwa pada saat-saat seperti itu permintaan masyarakat terhadap kelompok barang tertentu selalu meningkat, tetapi kami tidak ragu bahwa kami akan menyelesaikan semua masalah ini sambil bekerja dengan tenang," tukasnya.

"Secara bertahap, orang akan menyesuaikan diri, mereka akan mengerti bahwa tidak ada peristiwa yang tidak bisa kita tutup dan selesaikan," yakinnya.

Presiden Putin mencatat, Rusia adalah produsen utama pupuk pertanian, dan mengatakan akan ada 'konsekuensi negatif' yang tak terhindarkan untuk pasar pangan dunia jika Barat membuat masalah bagi Rusia.

Menteri pertaniannya melaporkan pada pertemuan itu bahwa ketahanan pangan negara itu terjamin.

Berbicara pada pertemuan yang sama, Menteri Keuangan Anton Siluanov mengatakan Rusia telah mengambil langkah-langkah untuk membatasi arus keluar modal dan bahwa negara itu akan membayar utang luar negerinya dalam rubel, bukan dalam dolar.

"Selama dua minggu terakhir, negara-negara Barat pada dasarnya mengobarkan perang ekonomi dan keuangan melawan Rusia," jelasnya.

Siluanov mengatakan Barat telah gagal memenuhi kewajibannya kepada Rusia dengan membekukan cadangan emas dan mata uang asingnya. Itu mencoba menghentikan perdagangan luar negeri, katanya.

"Dalam kondisi seperti ini, prioritas kami adalah menstabilkan situasi di sistem keuangan," ungkap Siluanov.