Tolak Tuduhan Rusia Tentang Laboratorium Biowarfare di Ukraina, Pentagon: Tidak Masuk Akal
Juru Bicara Pentagon John Kirby. (Wikimedia Commons/Chairman of the Joint Chiefs of Staff)

Bagikan:

JAKARTA - Amerika Serikat membantah tuduhan baru Rusia yang menyebut Washington mengoperasikan laboratorium biowarfare di Ukraina, menyebut klaim itu 'menggelikan' dan menyarankan Moskow mungkin meletakkan dasar untuk menggunakan senjata kimia atau biologi.

Selasa malam, Rusia mengulangi tuduhannya selama beberapa tahun bahwa Amerika Serikat bekerja sama dengan laboratorium Ukraina untuk mengembangkan senjata biologis.

Pernyataan semacam itu di media Rusia meningkat menjelang langkah militer Moskow ke Ukraina dan dibuat baru-baru ini pada Hari Rabu oleh Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Maria Zakharova.

"Tuduhan Rusia tidak masuk akal, mereka menggelikan dan Anda tahu, dalam kata-kata kakek Katolik Irlandia saya, sekelompok malarkey. Tidak ada apa-apanya. Ini adalah propaganda klasik Rusia," kata Juru Bicara Pentagon John Kirby, melansir Reuters 10 maret.

Dalam sebuah pernyataan terpisah, juga dirilis pada hari Rabu, Juru Bicara Departemen Luar Negeri Ned Price mengatakan Rusia "menciptakan dalih palsu dalam upaya untuk membenarkan tindakan mengerikannya sendiri di Ukraina."

Sementara itu, Sekretaris Pers Gedung Putih Jen Psaki, mengutip apa yang disebutnya "klaim palsu" Rusia, menulis di Twitter: "Rusialah yang memiliki rekam jejak panjang dan terdokumentasi dengan baik dalam menggunakan senjata kimia, termasuk dalam percobaan pembunuhan dan peracunan musuh politik Presiden Putin seperti Alexey Navalny."

maria zakharova
Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova. (Wikimedia Commons/ДИП МИД РФ фотограф Никита Кочук)

Tidak ada tanggapan segera dari kedutaan Rusia di Washington atas pernyataan AS pada Hari Rabu. Sedangkan Rusia selalu membantah tuduhan melakukan serangan terhadap Navalny.

Diberitakan sebelumnya, pada Hari Rabu, Zakharova mengatakan Rusia memiliki dokumen yang menunjukkan Kementerian Kesehatan Ukraina telah memerintahkan penghancuran sampel wabah, kolera, antraks dan patogen lainnya sebelum 24 Februari, ketika pasukan Rusia pindah ke Ukraina.

Zakharova mengatakan, dokumen yang digali oleh pasukan Rusia di Ukraina menunjukkan "upaya darurat untuk menghapus bukti program biologis militer" yang dibiayai oleh Pentagon. Dia tidak memberikan rincian lebih lanjut tentang dokumen tersebut.

Reuters tidak dapat secara independen mengkonfirmasi informasinya. Sementara, seorang Juru Bicara Kepresidenan Ukraina mengatakan: "Ukraina dengan tegas membantah tuduhan semacam itu."

Untuk diketahui, seperti banyak negara lain, Ukraina memiliki laboratorium kesehatan masyarakat yang meneliti cara mengurangi ancaman penyakit berbahaya yang menyerang hewan dan manusia. Laboratoriumnya telah menerima dukungan dari Amerika Serikat, Uni Eropa dan Organisasi Kesehatan Dunia.

Program Pengurangan Ancaman Biologis Pentagon telah bekerja sama dengan pemerintah Ukraina untuk memastikan keamanan patogen dan racun yang disimpan di laboratorium. Di tengah tuduhan biowarfare serupa pada tahun 2020, kedutaan AS di Kyiv mengeluarkan pernyataan yang mengatakan, keterlibatannya adalah untuk memastikan "patogen berbahaya tidak jatuh ke tangan yang salah."

Seorang mantan pejabat AS, yang akrab dengan kerja sama antara Kyiv dan Washington mengatakan, Amerika Serikat telah membantu mengubah beberapa laboratorium Ukraina yang telah terlibat dalam program senjata biologis bekas Uni Soviet menjadi fasilitas kesehatan masyarakat.