McDonald's, Ikon Era pasca-Soviet Tutup Semua Restorannya di Rusia, Termasuk Gerai Pertama di Moskow
Gerai McDonald's di Pushkin Square, Moskow, Rusia. (Wikimedia Commons/fdecomite)

Bagikan:

JAKARTA - McDonald's Corp mengumumkan akan menutup sementara semua 847 restorannya di Rusia, termasuk lokasi Pushkin Square yang ikonik, meningkatkan tekanan pada merek global lainnya untuk menghentikan operasi di negara itu setelah invasi Moskow ke Ukraina.

Penutupan restoran McDonald's juga akan membawa kepentingan simbolis di Rusia, di mana lokasi pertama yang dibuka, di pusat kota Moskow pada tahun 1990, menjadi simbol kapitalisme Amerika yang berkembang saat Uni Soviet jatuh.

McDonald's mengatakan akan terus membayar gaji kepada 62.000 karyawannya di Rusia. Karena ukurannya yang besar dan jangkauan globalnya, peritel restoran siap saji tersebut sering ditiru oleh merek lain, jika mengambil sikap terhadap suatu masalah atau membuat perubahan operasional yang besar.

"Jika mereka memutuskan untuk melakukan sesuatu, maka mungkin yang lain akan mengikuti," kata konsultan waralaba internasional William Edwards tentang percakapan perusahaan tentang apakah akan mengikuti McDonald's dengan menutup lokasi di Rusia atas dasar moral, melansir Reuters 9 Maret.

menu mcdonald
Ilustrasi menu McDonald's Rusia (Wikimedia Commons/Artem Svetlov)

McDonald's dibuka di Pushkin Square 32 tahun lalu saat Uni Soviet runtuh. Restoran baru itu mewakili ketegangan Perang Dingin yang mencair, pada saat beberapa anak muda Rusia sangat ingin mendapatkan jeans biru dan Americana lainnya.

"Tidak mungkin untuk memprediksi kapan kami dapat membuka kembali restoran kami di Rusia," kata CEO McDonald's, Chris Kempczinski, dalam sebuah catatan yang dikirim melalui email ke seluruh perusahaan pada hari Selasa dan diunggah di situs web perusahaan.

"Kami mengalami gangguan pada rantai pasokan kami bersama dengan dampak operasional lainnya. Kami juga akan memantau situasi kemanusiaan dengan cermat," sambungnya.

Terpisah, Paul Musgrave, seorang profesor ilmu politik Universitas Massachusetts, mengatakan penutupan McDonald's menunjukkan bagaimana pengenaan sanksi Barat yang cepat dan luas terhadap Rusia akan memiliki dampak ekonomi yang langgeng.

Dia juga mengatakan, keputusan itu mematahkan teori, hubungan bisnis pasti akan mengarah pada hubungan AS-Rusia yang lebih dekat.

"Ini adalah akhir spiritual dari harapan bahwa ikatan komersial dengan sendirinya akan menopang integrasi politik," ujarnya.

Ditambahkan Jeffrey Sonnenfeld, seorang profesor di Yale School of Management yang melacak sikap perusahaan besar di Rusia: "Saya sangat senang bahwa mereka menyadari itu adalah situasi yang rumit, dan saya senang mereka datang dan membuat keputusan yang tepat. Ini adalah dampak yang sangat penting, dan itu simbolis sekaligus substantif."

Dari hampir 850 lokasi McDonald's Rusia, 84 persen di antaranya dimiliki oleh perusahaan. Sisanya sebagian besar dioperasikan oleh franchisee Rosinter Restaurants Holding yang berbasis di Moskow.

Karena McDonald's memiliki banyak lokasi di Rusia, McDonald's memiliki lebih banyak akses langsung ke operasi penutupan. Itu mungkin tidak mudah untuk rantai makanan cepat saji lainnya di Rusia, termasuk KFC dan Pizza Hut Yum Brands Inc., Burger King dari Restaurant Brands International., Subway., Papa John's International Inc., Starbucks., dan Domino's Pizza Inc.

Lokasi perusahaan di Rusia hampir seluruhnya dijalankan oleh operator independen dan tunduk pada perjanjian waralaba internasional yang rumit. Beberapa waralaba makanan cepat saji dengan lokasi di Rusia bahkan tidak berbasis di Rusia, seperti DP Eurasia yang berbasis di Belanda, yang menjalankan restoran Domino di Rusia, serta di Turki, Azerbaijan, dan Georgia.

"Ini sering kali merupakan perjanjian yang panjang, rumit, dan banyak dinegosiasikan. Setiap perjanjian bisa berbeda dari yang lain," ujar Larry Weinberg, yang memimpin praktik waralaba di firma hukum Cassels Brock & Blackwell LLP.