Jelang Ramadan 2022, Kakorlantas Cek Kondisi Jalan Tol Trans Jawa
Korlantas Polri mengecek jalur yang dilintasi pemudik di Jateng. (Antara/I C Senjaya)

Bagikan:

SEMARANG - Menjelang awal Ramadan 2022, sejumlah persiapan dilakukan Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri di jalur yang dilintasi pemudik di Jawa Tengah (Jateng).

Pada hari ini, Rabu 9 Maret, kondisi Jalan Tol Trans Jawa yang menjadi jalur strategis pemudik dicek Kakorlantas Polri Irjen Pol.Firman Shantyabudi.

Firman mengatakan, pengecekan kesiapan infrastruktur Jalan Tol Trans Jawa mulai dari wilayah timur hingga barat Jateng.

Dalam kesempatan tersebut, Kakorlantas melaksanakan rapat koordinasi dengan para kepala satuan lalu lintas di Gerbang Tol Kalikangkung.

Pengecekan yang dilakukan kali ini, menurut dia, merupakan kegiatan pendahuluan untuk memastikan kesiapan sarana dan prasarana jalan.

"Kami ingin menyiapkan segala sesuatunya dengan baik, hal-hal apa yang berpotensi menjadi gangguan saat arus mudik nanti," kata dia.

Tak hanya jalan tol, Kakorlantas juga ingin memastikan kesiapan jalan-jalan arteri.

Sementara kendaraan dan manusianya, lanjut dia, menjadi bagian yang terintegrasi di lapangan. Keberhasilan operasi lalu lintas di jalan raya, kata dia, sangat tergantung pada kesiapan masyarakat dan petugas.

Keberadaan petugas di lapangan, papar dia, bukan untuk menghukum, namun untuk memastikan masyarakat tertib dan patuh demi keselamatannya.

"Saat mudik nanti kendaraan boleh banyak, sepanjang masyarakatnya tertib dan jalannya disiapkan agar tidak saling serobot," ujar dia.