Kecelakaan Maut di Tol Dupak Surabaya yang Tewaskan 3 Orang, Pelaku Ambil Alih Setir Bus ‘Ingin Mati Bersama-sama’
FOTO VIA ANTARA

Bagikan:

SURABAYA - Jumlah korban kecelakaan yang melibatkan kendaraan bus dengan truk di ruas Tol Dupak Kota Surabaya bertambah, dari dua orang menjadi tiga orang meninggal dunia.

"Korban bertambah satu orang, yaitu penumpang bus bernama Burniat," ujar Kepala Unit 2 Patroli Jalan Raya Direktorat Lalu Lintas Kepolisian Daerah Jawa Timur AKP Sigit Indra kepada wartawan di Surabaya dilansir Antara, Sabtu, 5 Maret.

Dengan demikian, total tiga orang korban meninggal dunia, yakni sopir truk, kernet truk beserta satu orang penumpang bus.

Menurut keterangan para saksi yang dihimpun polisi, korban bernama Burniat merupakan salah seorang peziarah yang diduga mengambil alih kemudi dari sopir bus hingga menyebabkan kecelakaan.

Dari data yang dihimpun, Burniat sejak berangkat dari Palembang bersikap layaknya orang normal, namun menunjukkan gelagat tidak wajar saat rombongan meninggalkan makam Sunan Ampel menuju Jombang.

Berdasarkan keterangan saksi-saksi dari penumpang bus, kata Sigit, ia diduga depresi dan di dalam bus berupaya mengambil alih kendali kemudi.

"Dia bilang ingin mati bersama-sama," kata AKP Sigit

Burniat sempat dilarikan ke rumah sakit, namun nyawanya tak tertolong dan dinyatakan meninggal dunia.

Sebelumnya, terjadi kecelakaan antara bus bernomor polisi D-7610-AT yang berpenumpang rombongan peziarah asal Palembang, Sumatera Selatan dengan truk Colt Diesel mengangkut biji plastik nomor polisi W-9948-Z.

Peristiwa terjadi sekitar pukul 11.45 WIB di KM 4.400 Jalan Tol Dupak - Tanjung Perak Surabaya.

Dalam kejadian tersebut, selain tiga orang meninggal dunia, sebanyak empat orang mengalami luka ringan dan dua orang (sopir dan kernet bus) harus mendapat perawatan intensif akibat luka berat.

Menurut AKP Sigit, rombongan baru saja berziarah dari Makam Sunan Ampel Surabaya, dan selanjutnya akan menuju ke arah Jombang, Jawa Timur.

"Namun, tiba-tiba di KM 4.400 Jalan Tol Dupak - Tanjung Perak Surabaya, seorang peziarah berupaya merebut kendali kemudi dari sopir bus. Sepertinya seorang peziarah yang mengambil alih kemudi ini sedang mengalami depresi," tuturnya.

Sopir bus berupaya mempertahankan kemudi, namun tidak dapat mempertahankan sehingga arah bus berbalik dan menabrak truk yang melaju dari arah berlawanan.