Penguatan Rupiah Selasa Pagi Terbantu Uji Vaksin Astrazeneca
Ilustrasi. (Irfan Meidianto/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Nilai tukar rupiah di pasar spot dibuka menguat pada perdagangan Selasa 15 September. Rupiah dibuka langsung melesat 75 poin ke level Rp14.805 per dolar Amerika Serikat (AS).

Kepala Riset Monex Investindo Futures, Ariston Tjendra mengatakan, pasar keuangan masih diliputi sentimen positif dari aksi akuisisi besar perusahaan AS dan dilanjutkannya kembali pengujian vaksin COVID-19 Astrazeneca serta penguatan indeks saham AS semalam.

Di sisi lain, menjelang pengumuman hasil rapat the Fed di jam 1 pada Kamis dinihari, pasar berekspektasi bank sentral AS akan memberikan pernyataan yang dovish atau pesimis mengenai pemulihan ekonomi AS dan mempertahankan kebijakan longgar lebih lama.

"Ekspektasi ini berpotensi memberikan sentimen positif ke aset berisiko dan juga menekan dolar AS. Kondisi atas berpotensi mendorong penguatan rupiah terhadap dolar AS hari ini dengan kisaran Rp14.750-14.950 per dolar AS," jelasnya.

Pantauan VOI pada pukul 09:20, rupiah masih di zona hijau meski tak seperti penguatan di pembukaan perdagangan. Rupiha berada di level Rp14.852 per dolar AS, atau menguat 0,19 persen.