Keraguan Akan Vaksin AstraZeneca Bikin Rupiah Loyo Jumat Pagi
Ilustrasi. (Irfan Meidianto/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Nilai tukar rupiah di pasar spot dibuka melemah tipis pada perdagangan Jumat 27 November. Rupiah dibuka melemah 0,03 persen atau 5 poin ke level Rp14.105 per dolar Amerika Serikat (AS).

Kepala Riset Monex Investindo Futures, Ariston Tjendra mengatakan, sentimen terhadap aset berisiko seperti rupiah pagi ini cukup beragam. Sentimen positif terhadap hasil uji vaksin berkurang karena analis meragukan hasil uji vaksin AstraZeneca yang sebelumnya dilaporkan bagus.

"Selain itu kenaikan kasus COVID-19 di dunia juga membayangi pergerakan harga aset berisiko," ujar Ariston kepada VOI.

Penguatan rupiah bisa saja tertahan hari ini dengan sentimen yang beragam tersebut. Rupiah juga masih didukung neraca berjalan kuartal III 2020 yang positif dan prospek pemulihan ekonomi Indonesia di kuartal IV.

"Hari ini rupiah berpotensi bergerak di kisaran Rp14.050-14.180 per dolar AS," tuturnya.

Pagi ini di kawasan Asia, rupiah melemah bersama mayoritas mata uang lainnya. Ringgit Malaysia memimpin pelemahan mata uang Asia terhadap dolar AS dengan pelemahan 0,14 persen, disusul won Korea yang melemah 0,08 persen.

Kemudian baht Thailand melemah 0,03 persen, yuan China melemah 0,03 persen, rupiah melemah 0,03 persen, peso Filipina melemah 0,01 persen, dolar Taiwan melemah 0,007 persen dan dolar Hong Jong melemah 0,005 persen terhadap dolar AS.